ArenaLTE.com – Tidak hanya memasarkan produk smartphonenya saja di pasar Tanah Air, Oppo Indonesia juga peduli terhadap ide kreatif anak bangsa. Sejak Juli 2015, vendor asal Tiongkok ini menggelar sebuah kompetisi yang bernama Oppo Innovative Idea Competition yaitu sebuah kompetisi yang menantang para mahasiswa atau inovator muda Indonesia untuk memberikan ide inspiratif di bidang teknologi.

Opp Innovative Idea Competition merupakan aktifitas lanjutan dari Oppo Campus Club Indonesia yang diselenggarakan pada awal tahun 2015 dengan 15 Ambassador untuk wilayah Jabodetabek. Kampus klub ini sekarang berkembang di 5 daerah yaitu Jabodetabek, Bandung, Malang, Surabaya dan Yogyakarta. Secara keseluruhan, ajang kompetisi Oppo Innovative Idea Competition berhasil berhasil menjaring 593 pendaftaran dari berbagai universitas di Indonesia.

Pada acara Startup Asia 2015 di Jakarta, gelaran Oppo Innovative Idea Competition ditutup dengan memilih 3 pemenang yang memiliki ide kreatif dan inovatif. Juara pertama berasal dari Universitas Brawijaya, Malang. Tim yang beranggotakan Rhezaldian Eka Dharmawan, Benny Iman Santoso dan Mahardika Rizki Fauji berinovasi melapiskan protein susu (edible coating) pada apel malang untuk memberikan perlindungan dari kebusukan. Inovasi mereka ini berupaya memberi solusi apel Malang yang sulit bersaing dengan produk impor karena kualitas ketahanan yang mudah busuk ketika disimpan dalam jangka waktu lama.

Sementara untuk juara kedua berasal dari ITS Surabaya dengan menciptakan aplikasi AMR (Android Money Recognition) yaitu aplikasi pendeteksi nominal rupiah dengan menganalisa warna dan pola gambar pada uang kertas. Setelah uang kertas dipindai (scan), maka aplikasi AMR akan mengeluarkan audio nominal uang kertas tersebut. AMR sangat berguna bagi 3,5 juta penyandang tunanetra di Indonesia.

Dan Juara ketiga jatuh pada mahasiswa asal ITB Bandung dengan ide Dropclothes, sebuah inovasi terbaru dalam pengumpulan bahan sandang yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan dalam sulitnya pemenuhan kebutuhan sandang bagi korban bencana alam dan masyarakat miskin di Indonesia. Dropclothes memiliki sistem penampungan sandang sepanjang tahun melalui Dropclothes Box  yang akan diletakkan para titik-titik pengumpulan di berbagai kampus.

Seluruh pemenang Oppo Innovative Idea Competition ini akan diberikan biaya pendidikan. Mereka juga akan membantu mewujudkan ide-ide tersebut melalui bantuan ambassador OPPO Campus Club dalam sebuah workshop yang akan diadakan di beberapa kampus di Indonesia. Ivan Lau, CEO Oppo Indonesia megungkapkan bahwa Oppo Innovative Idea Competition merupakan wujud komitmen perusahaan kepada para generasi muda Indonesia agar mereka dapat terus berkreasi dan merealisasikan ide inovatif mereka dalam kehidupan sehari-hari.