ArenaLTE.com – Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat tinggal beberapa hari lagi. XL Axiata pun turut menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data demi suksesnya hajatan olahraga terbesar di Tanah Air tersebut. Karena layanan ini akan sangat diperlukan dalam mendukung aktivitas penyelenggaraan. Maupun untuk kebutuhan individual baik mereka yang terlibat secara langsung dalam PON XIX 2016 maupun penonton yang ikut menyemarakkan.

VP XL Central Region XL, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan ini sudah menjadi kewajiban sebagai operator untuk mendukung setiap event berskala nasional seperti PON XIX 2016 ini. Di area Jawa Barat, jaringan XL dianggap sudah cukup merata, termasuk menjangkau kota-kota dan venue di mana berbagai cabang olahraga diperlombakan di PON XIX 2016 Jabar kali ini.

“Secara khusus kami juga melakukan optimasi jaringan, khususnya di sekitar venue juga lokasi-lokasi yang terkait erat dengan penyelenggaraan PON. Kami yakin, para atlet, masyarakat, dan siapa saja akan mengabadikan dan membagi cerita juga foto dan video PON lewat internet. Untuk itu, kualitas jaringan Data XL akan kami pastikan bisa melayani semua kebutuhan itu,” ujarnya.

Sofia menambahkan, pihaknya sejak pekan lalu sudah memastikan kualitas jaringan yang bisa mendukung PON tersebut. Saat ini tim XL juga masih terus melakukan optimasi di berbagai lokasi tempat berlangsungnya perlombaan atau pertandingan PON XIX 2016. Salah satu lokasi yang diperkirakan akan menjadi tempat konsentrasi massa antara lain adalah di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Gedebage Bandung, yang akan menjadi lokasi pembukaan PON pada 17 September 2016. Untuk itu, di tempat tersebut, XL melakukan persiapan khusus.

Jaringan 4G dari XL yang sudah melayani sejumlah kota di Jawa Barat akan sangat membantu penyelenggaraan PON XIX 2016 tesebut. Sejumlah lokasi bahkan berada dalam jangkauan layanan 4G XL, yang saat ini sudah meng-cover sejumlah kota yang juga menjadi ajang PON, antara lain di Kota Bandung, Cimahi, Cirebon, Sumedang, Bogor, Bekasi, dan Indramayu.

Sementara itu di wilayah Kota Bandung yang paling banyak menyediakan venue olahraga, jaringan XL didukung dengan total sekitar 710 unit BTS, sebanyak 120  unit di antaranya adalah BTS 4G. Ada sekitar 25 cabang olahraga yang dipertandingkan di wilayah Kota Bandung. Selain itu di wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, masing-masing ada 10 dan 5 cabang.