ArenaLTE.com – Seperti halnya banyak aplikasi yang terus dibuka, tentunya game Pokemon Go sangat mempengaruhi kekuatan baterai smartphone. Meski demikian, game berburu binatang ikonik ini ternyata tidak menguras paket internet atau data pengguna. Hal itu dipertegas dari juru bicara Verizone Mobile yang mengungkapkan bahwa arus lalu lintas internet mobile justru menurun semenjak kehadiran dari game pokemon Go ini.

Chuck Hamby, sumber informasi dari Verizon Mobile selaku operator telekomunikasi Amerika mengungkapkan kepada Wall Street Journal, lalu lintas data terkait Pokemon Go tidak terlalu besar hanya berada dalam kisaran 1% dari keseluruhan lalu lintas data mobile operator. Hal ini mengindikasikan bahwa meski pemain Pokemon Go banyak, namun penggunaan data mobile tidak berpengaruh besar.pokemon go1BACA: Dua Fitur Bisnis Terbaru Segera Hampiri Permainan Pokemon Go

“Tidak ada yang akan hilang dari paket internet mereka (pemain pokemon),” jelas Chuck Hamby. Kekuatiran akan kehilangan data diharapkan tidak terlalu dicemaskan para pemain.

Namun, pernyataan yang dijelaskan Chuck Hamby, bersebrangan dengan apa yang diungkapkan CEO T-Mobile, John Legree. Dalam kicauannya di Twitter, menjelaskan bahwa memang ada peningkatan sebanyak 4 kali lipat semenjak peluncuran permainan ini. Dan hampir 85% dari paket data yang dipilih pengguna, dipakai untuk mengaktifkan aplikasi atau menjalankan Pokemon Go.

Tetapi nyatanya, perusahaan analis jaringan P3 Communication Inc, setuju dengan apa yang diutarakan oleh Chuck Chamby. Penggunaan data pada aplikasi Pokemon Go tidak terlalu besar. Perusahaan mengungkapkan bahwa aplikasi ini hanya mengkonsumsi sekitar 5MB hingga 10MB data per jamnya.

Jika dikalkulasi dengan perhitungan paket internet dalam perhitungan Verizon, maka permainan ini bisa dibandingkan dengan menonton video streaming HD yang bisa menghabiskan data sebanyak 350MB. Hal tersebut setara dengan bermain Pokemon Go selama 35 hingga 70 kali.

Setidaknya, untuk menghabiskan paket internet data standar yang digunakan pengguna sebesar 2GB per bulan, bisa dianalogikan bahwa pemain bisa melakukan permainan 7 kali dalam sehari selaman 30 hari atau sebulan untuk berburu binatang ikonik di Pokemon Go.