ArenaLTE.com – Belum lama berselang, Intel mengumumkan arsitektur baru sebagai landasan pengembangan pasar IoT (Internet of Things). Platform Internet of Things Intel ini mencakup dua arsitektur referensi dan portofolio produk berikut ekosistemnya untuk mengatasi kebutuhan IoT.

Produk yang ditawarkan pada Platform Internet of Things Intel ini mencakup prosesor Intel Quark  yang dirancang khusus untuk IoT. Quark adalah sistem operasi yang bebas dan sederhana dengan suite cloud komprehensif dari Wind River. Intel juga menawarkan kemampuan analisis, semua dirancang untuk membangun dan mengamankan solusi cerdas dan terhubung dalam skema cloud.

“Kini Intel telah memperkuat posisinya di segmen Internet of Things dan terus memberikan seperangkat blok  ekosistem yang kuat untuk merespon peluang IoT,” kata Doug Davis, senior vice president IoT Group Intel pada pernyataan resminya.
Baca: Intel, Ericsson dan Nokia Siapkan NB-LTE Untuk Internet of Things

Arsitektur IoT Intel
Arsitektur IoT Intel

Dalam implementasinya, Intel bekerjasama dengan berbagai perusahaan di seluruh segmen untuk skala dan konsep penyebaran. Salah satunya adalah Levi Strauss & Co yang berkolaborasi dengan Intel dan menerapkan konsep untuk platform IoT dari Intel untuk mengatur manajemen persediaan di tiga toko. Bukti dari konsep memungkinkan toko Levi untuk memperoleh visibilitas persediaan yang mungkin menipis, membuat proses manajemen persediaan lebih efektif.

Arsitektur IoT  dari Intel menjadi landasan baru untuk hal-hal cerdas dan terhubung yang berfokus pada ekosistem Intel untuk pengembangan, keamanan dan mengintegrasikan hal-hal cerdas.

Platform Internet of Things Intel menyediakan cetak biru untuk memberikan inovasi ke pasar lebih cepat dengan mengurangi kompleksitas dan mendefinisikan bagaimana perangkat pintar aman akan terhubung dan berbagi data dipercaya ke cloud. Perusahaan pertama yang mengumumkan solusi IoT berdasarkan platform IoT dari Intel adalah SAP. Perusahaan ini mengembangkan IoT perusahaan dalam skema end-to-end yang dikenal dengan label SAP HANA.

Dari sisi hardware, prosesor Intel Quark untuk IoT mendukung silicon dengan daya rendah untuk hal-hal yang cerdas. Intel Quark SoC dan Intel® Quark mikrokontroler D1000 dan D2000 mengandalkan fitur pengolahan kuat dalam beragam energi.

Sampai saat ini platform Internet of Things Intel telah diadopsi oleh SAP, Levi Strauss & Co, Honeywell dan Yanzi. Dari situ menunjukkan keunggulan konektivitas dalam segala hal yang bermanfaat untuk industri ritel dan konstruksi.