ArenaLTE.com – Sepertinya Facebook mencoba untuk move on dari hanya sekedar menyediakan game seperti FarmVille, criminal case, 8 ball pool dan berbagai game Facebook lainnya menjadi developer game dengan membuatkan platform game Facebook khusus bagi para developer games. Atau bisa dibilang Facebook coba membuat Steam sendiri.

Platform game Facebook ini nantinya kompatibel dengan Unity Engine dan dapat langsung terkoneksi dengan situs sosial media terbesar di dunia ini. Informasi ini menjadi sebuah peluang besar bagi para developer games, untuk lebih cepat dan mudah mempublikasikan dan mempopulerkan games buatan mereka di Facebook.

Unity Technologies sendiri terkenal sebagai salah satu developer platform game kelas dunia, yang berpengalaman menciptakan berbagai games dan membuat sistem engine game untuk menghadirkan pengalaman bermain game 2D, 3D, VR (Virtual Reality) dan Augmented Reality (AR).

Facebook menggandeng Unity untuk saling bekerjasama menciptakan Platform game Facebook yang memungkinkan para developer games membuat dan memasang game mereka di Facebook dengan memanfaatkan tools dan layanan yang disediakan. Selain memudahkan para pembuat games, metode ini diyakini akan membuat Unity mampu terkoneksi dengan jutaan gamers di Facebook.

Platform Game FacebookKolaborasi ini juga menjadikan Unity untuk memberikan dukungan penuh Platform game Facebook, termasuk mengintegrasikan game engine miliknya dengan platform game PC yang sedang dikembangkannya tersebut. Nantinya dengan platform game Facebook dan Unity ini akan mempermudah para game developer dan mempercepat proses peluncuran games di Facebook.

Platform game Facebook ini juga membuka kesempatan bagi para developer games yang ingin meluncurkan gamenya di Facebook untuk terkoneksi dengan lebih dari 650 juta gamers yang memainkan games Facebook setiap bulannya. Potensi yang cukup menggiurkan bagi para developer games.

Seperti yang dilansir melalui blog resmi Facebook, mulai hari ini beberapa kelompok developer games sudah diberikan akses khusus untuk mencoba dan memanfaatkan platform gaming kolaborasi Facebook dan Unity versi beta selama masa ujicoba ini.

Bagi developer games yang tertarik bisa mengajukan permohonan untuk mencoba platform gaming buatan facebook dan unitiy ini hingga 31 Agutus 2016.