ArenaLTE.com – Masih dari ajang Mobile Word Congress, Barcelona, Spanyol yang tengah berlangsung, beberapa perusahaan teknologi menjadikan momentum untuk mengumumkan kerjasama strategis. Para pelaku industri mobile tersebut ingin bergotong royong membangun pondasi awal untuk jaringan nirkabel koneksi lebih cepat lagi dari 4G yang digadang-gadang sebagai teknologi 5G. Proses transisi teknologi menyambut generasi baru tersebut diharapkan mampu menghadirkan pengalaman baru yang menakjubkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Ada tujuh perusahaan pemimpin ekosistem mobile yang sepakat untuk bekerjasama yaitu Intel, Ericsson, KT, LG Electronics, Nokia, SK Telecom dan Verizon.  Mereka sepakat untuk berkolaborasi mengembangkan berbagai teknologi terbaru menyambut teknologi 5G. Mulai dari perangkat yang tertanam dalam peralatan atlet dan drone dengan kemampuan yang dapat menghindari tabrakan, sampai ke kendaraan mandiri, smart city dan lain sebagainya.

teknologi 5G

Baca juga: Menurut Menkominfo Rudiantara, 5G Masih Belum Bisa Diimplementasikan dengan Cepat di Indonesia

Aicha Evans, corporate vice president and general manager of the Intel Communication and Devices Group melalui keterangan resminya mengungkapkan bahwa miliaran perangkat yang makin cerdas dan terhubung, layanan personalisasi yang kaya data, dan aplikasi cloud mendorong kebutuhan akan jaringan yang lebih cerdas dan lebih kuat.

Berikut ini daftar kolaborasi perusahaan membangun teknologi 5G

  • Ericsson dan Intel berkolaborasi dengan operator seluler untuk solusi teknologi 5G dan terlibat dalam uji coba bersama, sebagai perpanjangan kemitraan saat ini dalam transformasi jaringan, cloud dan IoT.
  • KT dan Intel akan menerapkan uji coba teknologi 5G pada tahun 2018 yang mengembangkan dan memverifikasi teknologi nirkabel 5G dan perangkat terkait, platform jaringan virtual dan upaya standarisasi bersama.
  • LG Electronics dan Intel akan mengembangkan dan membuat pilot teknologi telematika 5G untuk kendaraan generasi selanjutnya.
  • Nokia dan Intel berkolaborasi pada pra-standar teknologi radio 5G dan solusi jaringan untuk memungkinkan implementasi awal dari klien mobile dan infrastruktur nirkabel 5G, serta interoperabilitas teknologi radio 5G untuk memenuhi persyaratan konektivitas perangkat untuk jaringan nirkabel masa depan.

teknologi intel di MWC 2016

  • SK Telecom dan Intel sedang mengembangkan dan memverifikasi perangkat mobile dan solusi jaringan 5G, serta perangkat untuk Licensed Assisted Access (LAA) pada pita spektrum tak berlisensi selama tahun 2016. Melalui kerjasama lanjutan mereka pada teknologi 5G, perusahaan juga memamerkan kemajuan dalam radio teknologi jaringan akses, termasuk sel anchor-booster dan MIMO raksasa untuk lebih meningkatkan kapasitas jaringan nirkabel 5G.
  • Verizon dan Intel sedang melakukan uji lapangan untuk solusi nirkabel 5G melalui Verizon 5G Technology Forum untuk menunjukkan bagaimana spektrum gelombang milimeter, yang mampu mendukung kapasitas dan kecepatan data dimana ukurannya lebih tinggi dari jaringan selular saat ini, sebagai cara yang layak untuk memberikan kualitas tinggi dan konektivitas nirkabel yang cepat untuk kalangan perumahan dan bisnis.