ArenaLTE.com – Vendor jaringan Ericsson dan operator Vodafone Belanda baru saja menggelar layanan virtual VoLTE (Voice over Long Term Evolution) dan WiFi calling dengan basis cloud. Ini disebut sebagai integrasi sistem yang pertama di dunia.

WiFi calling memungkinkan layanan voice operator dapat dinikmati lebih baik, seperti di lingkungan indoor, ruang bawah tanah dengan melengkapi cakupan jaringan makro. Sementara VoLTE menawarkan panggilan cepat dengan set-up dan kualitas suara high-definition (HD). Kesemua layanan ini menggunakan kemampuan komunikasi berbasis IP, diantaranya video calling over LTE serta dukungan multi-perangkat.

Solusi ini berbasis pada Jaringan Network Functions Virtualization (NFV) dengan basis teknologi IP Multimedia Subsystem (IMS) dan Evolved Packet Core (EPC) dari Ericsson. Solusi lengkap berbasis cloud juga termasuk pada elemen Virtual Network Functions (VNF) untuk Wi-Fi calling, policy control dan aplikasi domain server.

“Virtualisasi pada jaringan membawa peluang besar untuk efisiensi dan dinamisasi, memungkinkan kami untuk memperkenalkan layanan baru yang lebih cepat untuk pelanggan,” ujar Matthias Sauder, Head of Networks, Vodafone Belanda.

kehadiran VoLTE dan Wi-Fi Calling menyuguhkan pengalaman komunikasi 4G terbaik. Tingkat suaranya high definition, lalu latency (jeda waktu stimulasi dan respon) turut ditekan serendah-rendahnya. HD voice mengacu pada nilai MOS di atas 4.0, dua kali kaliber 2G/3G. Kecepatan koneksi naik 10 kali lipat, hanya membutuhkan setengah detik untuk tersambung.

Baca Juga : 7 Kelebihan Menelepon Via VoLTE yang Perlu Kamu Ketahui

Di Indonesia sendiri, meskipun tidak berbasis cloud kita sudah bisa menikmati VoLTE di jaringan 4G LTE operator. Beberapa operator Indonesia telah melakukan uji coba layanan ini, namun Smartfren yang menjadi operator pertama menggelar VoLTE secara komersil dan kini dapat dinikmati di 85 kota Indonesia.

Ada syarat yang harus dipenuhi terutama device yang mendukung VoLTE baik dari sisi chipset maupun software dan juga kartu SIM yang telah diaktifkan layanannya. Untuk itu smartfren menyediakan Andromax R2 dan Andromax E2 untuk memastikan teknologi VoLTE bisa langsung dinikmati oleh pelanggan dengan mudah. Sebab tidak semua smartphone 4G LTE langsung mendukung layanan ini.