ArenaLTE.com – Persaingan tak selalu berdampak negatif terhadap perkembangan suatu bisnis, termasuk dalam industri telekomunikasi saat ini. Menjawab mengenai pertanyaan persaingan dengan provider mobile Internet, Bolt! yang membundling paket layanan dengan produk Samsung Galaxy J5 dianggap Smartfren sebagai edukasi secara langsung kepada pasar tentang teknologi layanan jaringan 4G LTE.

Hal tersebut diungkapkan Derrick Surya, VP Head of Brand and Marketing Communication bahwa munculnya sistem atau teknik marketing yang dilakukan oleh provider internet mobile (Bolt!), meski mereka tidak memiliki lisensi voice maupun SMS cukup membantu terhadap edukasi pengguna mengenai layanan jaringan 4G LTE.

“Paket bundling yang ditawarkan dengan menggandeng produsen ponsel global, bukanlah sebuah saingan. Hal tersebut justru sebagai edukasi bagi masyarakat mengenai pengetahuan teknologi dan layanan jaringan 4G LTE tersebut,” jelas Derrick di sela acara diskusi drive test layanan jaringan 4G Smartfren Cirebon – Bandung, Rabu (9/9/2015).

Menurutnya, dengan banyaknya peredaran perangkat baik pendukung 4G justru sangat membantu edukasi secara langsung kepada masyarakat, sehingga banyak bisa mengetahui langsung perbedaan dan manfaat dari layanan yang diberikan.

Derrick juga mengungkapkan mengenai teknik penjualan yang dilakukan Bolt! dengan menggandeng Samsung untuk membundling paket layanannya melalui Galaxy J5, merupakan hal yang tidak berdampak apapun pada Smartfren.

“Tak ada dampak besar maupun ‘risih’ terhadap yang dilakukannya (Bolt!), justru hal tersebut secara tidak langsung adalah sebagai edukasi,” jelas Derrick Surya menerangkan.

Senada dengan penjelasannya, Munir Syahda P, Head of Network Special Project Smartfren, menjelaskan bahwa perusahaan melihat kompetisi pasar bukanlah sebagai persaingan.”Kami hanya akan fokus pada produk sendiri dan apa yang akan kita berikan, bukan sebagai ketakutan karena itu market. Mereka buat apapun itu adalah strategi, semakin banyak itu akan membuat kita semakin ready,” jelasnya.

Tambahnya menjelaskan bahwa hal itu akan memberikan edukasi kepada masyarakat langsung, sehingga mengetahui sebagus apa dan bagaimana produk smartfren. Semakin banyak yang membicaran teknologi dan layanan jaringan 4G LTE, maka akan semakin banyak produk maupun teknologi itu dikenal.

Comments