ArenaLTE.com – Setelah berganti nama menjadi Indosat Ooredoo, operator ini semakin agresif memperkuat pasar. Salah satu strateginya adalah dengan memperluas jaringan gerai layanan pelanggan. Namun tidak dilakukan sendirian, anak perusahaan Ooredoo ini melakukan kerjasama strategis bersama Erajaya Group dengan membentuk perusahaan patungan (joint venture) bernama PT Satera Management Indonesia.

Pembentukan perusahaan patungan ini bertujuan untuk menghadirkan keunggulan dua perusahaan induknya dalam menyediakan layanan telekomunikasi (Indosat Ooredoo) sekaligus berjualan handset (Erajaya). Singkatnya, perusahaan baru tersebut bertugas untuk mengoperasikan gerai Indosat Ooredoo.

Kedua belah pihak mengaku bahwa kepemilikan saham di Satera Management Indonesia akan dibagi rata. “Kerja sama 50-50 untuk share holdingnya, Erajaya berinvestasi di gerai dan handset, sementara Indosat memasok layanan dan aplikasinya,” ujar Joy Wahyudi, Chief Sales and Distribution Office Indosat Ooredoo. Dijelaskan lebih lanjut, gerai-gerai yang akan dibangun nanti, sebagian adalah konversi dari gerai lama baik milik Erajaya maupun gerai Indosat yang diperbarui dengan branding gerai Indosat Ooredoo. Juga akan membangun gerai yang benar-benar baru.
Baca juga: Ganti Nama, Indosat Ooredoo Transformasi Jadi Perusahaan Digital

Perusahaan menargetkan akan membangun 40 hingga 60 gerai hingga tahun 2016 nanti. Dalam lima tahun ke depan, diharapkan akan ada lebih dari 300 gerai hasil patungan Indosat Ooredoo dan Erajaya.‎ Jeremy Sim, CEO Retail Erajaya Grup mengungkapkan investasi untuk setiap gerai diperkirakan mencapai Rp 1 miliar yang keluar dari kantong Erajaya, belum termasuk invetory. Sementara dari sisi Indosat Ooredoo, investasinya lebih kepada bagian layanan sehingga tidak masuk dalam hitungan CAPEX.

Alexander Rusli, Presiden Direktur Indosat Ooredoo mengatakan dengan hadirnya gerai Indosat Ooredoo yang merupakan hasil kolaborasi dua perusahaan terkemuka ini, akan semakin membantu pelanggan mudah berkomunikasi serta terpenuhi semua kebutuhan akses layanan dengan dukungan handset terkini.