ArenaLTE.com – Smartphone dan tablet telah merevolusi cara kita dalam mengakses informasi, dan hari ini orang mengkonsumsi sejumlah besar berita lewat ponsel. Penerbit di seluruh dunia menggunakan mobile web untuk mencapai kebutuhan pembaca ini. Namun sayangnya pengalaman akses mobile web yang didapat masih belum memberikan kepuasan.

Setiap kali halaman web memuat waktu terlalu lama, maka mereka akan kehilangan pembaca dan kesempatan untuk memperoleh penghasilan melalui iklan atau langganan. Itu disebabkan pengiklan di situs tak memiliki waktu untuk menampilkan citra produk sepenuhnya.

Setelah mengadakan diskusi dengan sejumlah media online dan perusahaan teknologi terkemuka, Google mengumumkan sebuah inisiatif open source baru yang disebut Accelerated Mobile Pages (AMP). Proyek ini memiliki tujuan yang secara dramatis meningkatkan kinerja akses mobile web.

David Besbris, Vice President Engineering, Search dalam tulisannya di blog resmi Google mengatakan pihaknya ingin laman web dengan konten yang kaya seperti video, animasi dan grafis untuk bisa beradaptasi dengan iklan cerdas, dan memuat dalam waktu seketika. “Kami juga ingin kode yang sama untuk bekerja di beberapa platform dan perangkat sehingga konten yang dapat muncul di mana-mana dalam sekejap-tidak peduli apa jenis ponsel, tablet atau perangkat mobile yang Anda gunakan,” ujarnya.

Dijelaskan lebih lanjut, proyek ini bergantung pada AMP HTML, yaitu kerangka terbuka baru yang dibangun seluruhnya dari teknologi web yang ada, yang memungkinkan situs untuk membangun halaman Web ringan. Untuk memberikan citarasa akses mobile web yang lebih cepat, pengguna bisa melihat demo AMP di Google Search.

Berkaitan dengan itu, Google mengantisipasi produk lainnya seperti Google News juga akan mengintegrasikan halaman AMP HTML. Untuk menggelar layanan ini, Google menggandeng 30 media online dari seluruh dunia untuk berpartisipasi. Juga perusahaan teknologi seperti Twitter, Pinterest, WordPress.com, Chartbeat, Parse.ly, Adobe Analytics dan LinkedIn.

David mengungkapkan dalam bulan-bulan mendatang pihaknya akan bekerja dengan peserta lain untuk membangun lebih banyak fitur dan fungsionalitas yang difokuskan pada beberapa bidang utama, yaitu sebagai berikut:

  • Konten: Penerbit semakin bergantung pada konten yang kaya seperti image carousels, peta, sosial plug-in, visualisasi data, dan video untuk membuat cerita mereka lebih interaktif dan menonjol. Mereka juga perlu untuk mengimplementasikan iklan dan analisis dalam rangka untuk menguangkan konten untuk memahami apa yang pembaca inginkan. Accelerated Mobile Pages Project memberikan pendekatan open source yang memungkinkan penerbit untuk fokus memproduksi konten yang besar, sementara mengandalkan komponen bersama untuk kinerja tinggi dan pengalaman pengguna. Spesifikasi yang dikembangkan teknis awal dengan masukan dan kode dari mitra kami dalam penerbitan dan teknologi sektor yang sedang dirilis di GitHub.
  • Distribusi: Penerbit ingin orang menikmati jurnalisme mereka membuat mana saja dan di mana-mana. Jadi cerita atau konten yang diproduksi di Spanyol dapat disajikan dalam sekejap di seluruh dunia. Itu berarti distribusi di semua jenis perangkat dan platform sangat penting. Ssebagai bagian dari upaya ini, AMP telah merancang pendekatan baru untuk caching yang memungkinkan penerbit untuk terus meng-host konten mereka yang memungkinkan untuk distribusi lebih efisien melalui global cache performa tinggi milik Google. Google bermaksud untuk membuka cache server untuk digunakan oleh siapa saja secara gratis.
  • Iklan: Dengan Accelerated Mobile Pages, mereka ingin mendukung berbagai komprehensif format iklan, jaringan iklan dan teknologi yang terkait. Setiap situs menggunakan AMP HTML akan mempertahankan pilihan mereka pada jaringan iklan, serta format yang tidak mengurangi pengalaman pengguna. Ini juga merupakan tujuan inti dari proyek untuk mendukung langganan dan paywalls. Goggle akan bekerja dengan penerbit dan orang-orang di industri untuk membantu menentukan parameter dari pengalaman iklan yang masih menyediakan kecepatan dengan AMP.

“Kami berharap sifat terbuka Accelerated Mobile Pages akan melindungi arus informasi yang bebas dengan memastikan mobile web bekerja lebih baik dan lebih cepat untuk semua orang, dimanapun mereka berada,” pungkas David Besbris.

Sumber dan foto: Google Blog

Comments