ArenaLTE.com – Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah diakui eksistensi dan kontribusinya sebagai penopang perekonomian negara. Menurut penelitian, ada sekitar 99% bisnis di Indonesia adalah UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang menghasilkan pendapatan sebesar 59% dari total pendapatan negara.

Namun sangat disayangkan, dari 60 juta UKM yang ada di Indonesia hanya sekitar 15 juta UKM saja yang sudah terhubung secara online dan memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usahanya. Hal inilah yang mendorong PT XL Axiata Tbk (XL) memutuskan untuk ikut aktif mendukung pengembangan kalangan Usaha Kecil dan Menengah melalui penyediaan layanan 4G LTE dan platrform digital khusus bagi mereka.

Kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, melaporkan dukungan XL kepada kalangan UKM melalui penyediaan platform khusus UKM “Digibiz”, serta penyediaan layanan internet cepat 4G LTE, pada acara peluncuran layanan 4G LTE secara nasional di Jakarta, Jumat (11/12).

Layanan ini merupakan platform yang bersifat solusi digital yang sangat mudah diterapkan, bahkan hanya dengan ponsel saja sudah bisa dijalankan. XL cukup serius mengembangkan program ini, ditandai dengan investasi sekitar Rp 500 miliar untuk 3 tahun ke depan, guna mengembangkannya lebih lanjut.

Dian Siswarini juga mengungkapkan bahwa tingkat penetrasi internet pada masyarakat Indonesia semakin luas. Ini berarti semakin banyak konsumen yang mencari referensi belanja melalui internet dan layanan digital. Karena itu sudah saatnya para pelaku UKM untuk tidak ragu lagi memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital guna meningkatkan produktivitasnya. Apalagi, saat ini sudah tersedia layanan 4G LTE yang memungkinkan akses lebih cepat dan stabil untuk koneksi internet.

Dian menambahkan, dengan memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital, pelaku UKM bisa meningkatkan daya saingnya, bahkan dalam menghadapi perusahaan bermodal besar. Dia menyebut, internet memungkinkan pelaku UKM bisa mengatasi keterbatasan cakupan wilayah pemasaran dan promosi. Melalui media internet, pengusaha UKM di satu kota kecil bisa mengenalkan produk dan memasarkannya ke wilayah yang tanpa internet mustahil bisa dia lakukan.

Hadirnya internet cepat 4G LTE juga dapat menambah kekuatan konten-konten data untuk keperluan promosi dan pemasaran. Kekuatan tersebut antaranya dalam bentuk format yang lebih informatif seperti video. Teknologi 4G LTE akan memungkinkan video bisa lebih mudah diakses dengan kualitas maksimal.

Dengan Video, informasi yang lebih menarik dan informatif terkait suatu obyek layanan atau produk bisa lebih ditampilkan. Misalnya mengenai jasa layanan tertentu, yang mungkin akan lebih bisa dijelaskan menggunakan video daripada sekadar gambar atau tulisan. Dengan cara ini, biaya dan efektifitas pemasaran pun bisa lebih dimaksimalkan.