ArenaLTE.com – Peredaran smartphone seperti ponsel 4G di Tanah Air diungkapkan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), cukup menekan jumlah penjualan personal computer (PC). Dari data yang didapat Apkomindo, pertumbuhan ponsel pintar dalam dua tahun terakhir telah meningkat sebesar 59%, berbanding terbalik dengan penjualan PC yang menurun hingga 34%. Namun, kuartal pertama 2016 pertumbuhan penjualan PC diprediksi akan meningkat

Soegiharto Santoso, Ketua Umun Apkomindo, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (3/2/2016), mengungkapkan bahwa peredaran ponsel pintar yang cukup besar memang menekan penjualan komputer. Namun demikian, pihaknya optimis bahwa pada kuartal pertama di tahun 2016 ini akan ada peningkatan.

“Kuartal pertama 2016 ini diprediksi meningkat 10 hingga 15%, karena ada beberapa indikator bahwa akan ada pertumbuhan di awal tahun. Pertama adalah belanja IT Pemerintah mulai naik, dan rate dolar sudah stabil dikiraan harga Rp.14 ribuan. Sudah menurun dibanding tahun lalu, jadi dua indikator ini adalah pendukung pertumbuhan penjualan,” jelas Soegiharto Santoso, di sela acara soft launch Monster bazar technology, di gedunng Kementerian Kominfo.

apkomindoLelaki yang akrab disapa Hoky ini meyakinkan, harga smartphone 4G yang kian menurun termasuk salah satu faktor yang juga menentukan merosotnya penjualan komputer. Kompetisi yang dirasakan tersebut diakui bahwa kelesuan telah dirasakan di hampir semua perusahaan.

“Kompetisi ini bukan hanya dirasakan pengusaha komputer, namun di tahun 2015 ini semua pengusaha dibidang lain juga ikut merasakan kelesuan bisnis yang ada,” tambahnya.

2016 yang diungkapkan pihak Apkomindo sebagai tahun perkembangan teknologi digital di Indonesia, terutama dalam perkembangan 4G LTE memang akan membantu meningkatkan aktivitas masyarakat menjadi lebih digital. Perkembangan tersebut akan semakin berjalan baik, jika ekosistem yang terbentuk dalam industri juga ikut kuat.

“Jika yang lalu Apkomindo tidak melibatkan Pemerintah, maka saat ini kita libatkan. Apkomindo awalnya juga hanya melibatkan di sisi penjualan hardware saja, maka saat ini sudah menggandeng dari sisi software-software. Harus ada perubahan,” pungkasnya.

Dalam pameran Monster Bazar Technology yang akan digelar Apkomindo, diharapkan juga bisa mendorong perkembangan industri teknologi informasi dan komunikasi secara umum di Tanah Air. Kali ini, pihaknya akan lebih memfokuskan pada update teknologi baru dari vendor, juga akan mengangkat industri TIK dalam negeri.