ArenaLTE.com – Apple baru saja mengumumkan bahwa mereka berhasil membukukan penjualan iPhone yang mencapai lebih dari 1 miliar unit di seluruh dunia. Hebatnya, milestone tersebut bisa ditembus hanya dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun. Pengumuman penjualan iPhone tersebut keluar langsung dari mulut CEO Apple, Tim Cook di sela-sela pertemuan karyawan di Cupertino, AS.

“iPhone telah menjadi salah satu produk paling penting, mengubah dunia dan merupakan produk yang paling sukses dalam sejarah,” ujar Cook. “Pekan lalu kami berhasil melampaui milestone berkat penjualan satu miliar iPhone. Kami tidak pernah mematok untuk menjadi yang terhebat, tapi melangkah untuk mebuat produk terbaik yang bisa membuat perbedaan.”

fitur ios 6Pencapaian tersebut terungkap tak lama setelah Apple mengumumkan laporan fiskal Q3 mereka. Apple melaporkan jika mereka berhasil membukukan penjualan 40,4 juta unit iPhone di Q3. Angka tersebut melampaui prediksi Wall Street yang memperkirakan Apple hanya menembus penjualan iPhone sebesar 40 juta di Q3.

Tapi jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, penjualan 40,4 juta unit ini justru cenderung turun. Pasalnya, pada Q2 2016, Apple berhasil melepas sekitar 51,2 juta unit iPhone. Lebih jauh, jika membandingkan penjualan year on year, Apple masih sanggup menjual sekitar 47,5 juta unit smartphone pada Q3 tahun lalu.

Apple berhasil mengeluarkan model iPhone high end dari gudang selama periode tiga bulan. Dengan pengecualian terhadap Apple iPhone SE yang termasuk murah meriah, rata-rata harga jual iPhone ada di kisaran 595 dolar AS atau setara IDR 8.330.000 (kurs 14000).

Pertumbuhan iPhone terbesar salah satunya terllihat di Rusia dimana terjadi kenaikan penjualan dua kali lipat dalam hitungan year on year. Kenaikan double digit juga terlihat di Jepang, Turki, Brazil, India, Kanada dan Swedia.