ArenaLTE.com – Dampak serangan virus pada perangkat mobile seperti smartphone, sebenarnya adalah peluang menguntungkan bagi para pengembangnya. Hal ini terbukti dari hasil laporan yang ditemukan perusahaan keamanan perangkat lunak, Cheetah Mobile Security Lab. Perusahaan menginformasikan bahwa penjahat cyber ini bisa menghasilkan pendapatan dari kejahatannya mencapai USD500 ribu atau sekitar IDR650 juta.

Peneliti keamanan mengklaim bahwa keluarga trojan terbaru yang ditemukannya, merupakan salah satu yang terbesar dan telah menetap pada jutaan ponsel Android di seluruh dunia. Berdasarkan estimasi Cheetah Mobile, jika para penjahat cyber mampu menghasilkan $0.50 USD (biaya rata-rata untuk mendapatkan instalasi baru) setiap kali virus menginstal sebuah aplikasi pada sebuah ponsel, kelompok di balik keluarga trojan ini akan mampu menghasilkan lebih dariUSD500,000 setiap harinya.
BACA: Indonesia, Negara Terbanyak Kedua Terjangkit Infeksi Trojan Hummer

Virus jenis trojan baru ini sendiri dijuluki dengan nama Hummer, dilaporkan pada Rabu 29 Juni 2016 dan diharapkan para pengguna perangkat mobile terus waspada. Selama semester pertama 2016, pada puncaknya trojan Hummer telah menginfeksi sebanyak hampir 1.4 juta perangkat setiap harinya. Di Cina sendiri, terjadi hingga 63,000 infeksi tiap harinya. Berdasarkan bukti-bukti yang telah dikumpulkan, keluarga trojan ini ada hubungannya dengan rantai industri bawah tanah di Cina.

Ketika sebuah ponsel terinfeksi oleh trojan Hummer, hal itu akan melakukan root  pada perangkat hingga mendapatkan hak administrator dari sistem. Virus tersebut kemudian akan sering memunculkan iklan-iklan dan secara diam-diam menginstal aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan atau tidak diinginkan (bahkan malware) di latar belakang, yang menguras banyak lalu lintas jaringan.

Trojan Hummer mampu mendapatkan kendali tertinggi dari sistem ponsel, anti-virus biasa tidak mampu untuk menghapus trojan tersebut secara menyeluruh – bahkan dengan melakukan factory reset pada perangkat tersebut tidak akan bisa menghilangkannya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan pengguna untuk menghentikan atau memberikan keuntungan pada pertas ini, adalah memasang aplikasi anti-virus. Cheetah Mobile mengklaim telah berhasil memperbaharui produk anti-virus nya, CM Security and Clean Master.

Anti-virus ini memastikan para pengguna tidak akan terpengaruh oleh Hummer. Namun, bagi mereka yang telah terinfeksi virus ini, aplikasi pembasmi virus Trojan Cheetah Mobile bisa dimanfaatkan di link ini untuk membantu para pengguna menghapus keluarga Trojan ini dari perangkat mereka langsung.