ArenaLTE.com – Operator berbasis CDMA, Smartfren, mengklaim telah menghadirkan teknologi jaringan generasi keempat 4G LTE di 22 Kota di Indonesia. Namun, perusahaan menjelaskan bahwa tidak akan meninggalkan pengguna di jaringan CDMA-EVDO lama, namun berharap hingga 2016 mendatang pengguna 4G LTE Smartfen bisa mencapai 1 hingga 1.5 Juta pelanggan.

“Saat ini pengguna 4G LTE Smartfren masih kecil. Karena baru di-launching kemarin pertengahan Agustus 2015. Untuk hitungan perhari, ada 2.000 hingga 3.000 pelanggan aktivasi dan target 2016 pengguna tersebut akan bertambah 1 hingga 1.5 juta pengguna,” jelas Roberto Saputra, Direktur Smartfren Tbk, di Bandung, Kamis (10/9/2015).

Menurutnya, pengguna 4G LTE Smartfren terbesar itu memang banyak dari kota besar. Namun, untuk mencapai target hingga 2016 tersebut, pihak perusahaan melakukan banyak strategi agar pengguna segera migrasi atau menggunakan teknologi 4G LTE.

“Kami mengajak komunitas untuk merasakan atau melakukan drive-test, sehingga tau beda teknologi 3G dan 4G. Selain tentunya, menyediakan perangkat dan program trade-in untuk pengguna yang ingin memakai ponsel lama, namun ingin merasakan kecepatan 4G Smartfren,” tambah Roberto.

Senada yang diungkapkan dengannya, Munir Syahda P, Vice President Network Smartfren, menjelaskan bahwa perusahaan tidak akan mematikan jaringan CDMA. Namun menjelaskan, teknologi kecepatan dan edukasi dari pasar serta program strategi perusahaan akan membawa pengguna pindah layanan.

“Kecepatan yang ditawarkan teknologi itu hanya 500 sampai 600 Kbps, jauh dibandingkan dengan 4G LTE makanya nanti mau tidak mau pengguna akan hijrah dengan sendiri, karena merasakan manfaat lebih,” tambahnya.

Penerapan Teknologi 4G LTE Smartfren

Teknologi jaringan generasi keempat Smartfren yang berada pada pita frekuensi 850MHz untuk TDD, serta pita 2.300MHz untuk FDD diklaim tak hanya memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat dari 3G, namun juga kestabilan jaringan yang baik.

“Jika hanya standar pada kecepatan saja, tentu yang diberikan oleh Smartfren dari 2 hingga 10Mbps sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi kebutuhan internet pengguna. Namun, hal tersebut bergantung pada kestabilan juga, karena teknologi ini akan berkembang terus manfaatnya,” jelas Roberto.

Teknologi 4G LTE juga diungkapkan akan semakin maju kedepannya, bahkan melalui teknologi tersebut akan hadir panggilan Telefon berbasis internet baru Voice over Long Term Evolution (VoLTE) dan diklaim bisa memberikan panggilan suara dengan kualitas High Definition (HD) Quality.

“Voice udah gak akan naik tarif lagi, justru semua sekarang akan kasih gratis. Strategi ke depan akan ada teknologi VoLTE, karena itu yang akan tren kedepannya. Saat ini saja dengan WhatsApp sudah bisa melakukan panggilan telepon. Namun semua perangkat nantinya harus sudah mendukung teknologi ini,” tambah Roberto menjelaskan.

Dirinya menuturkan bahwa teknologi ini bisa digunakan, jika memang aka keputusan deployment dari negara luar serta kesepakatan semua operator Tanah Air. “Dibeberapa negara saat ini sedang dilakukan ujicoba, jika selesai dan berhasil di official launch maka itu baru bisa dikomersilkan di Indonesia,” tutupnya.

Comments

  1. […] Nah,  gebrakan dari Smartfren kali ini bakal membuat pengguna tersenyum senang. Operator milik Sinar Mas Group ini membuka paket layanan data terbaru. Namanya paket data True Unlimited Smartfren. Ini adalah paket internet data 4G tanpa batas kecepatan dan tanpa batas kuota.  Cukup berlangganan dengan nilai tertentu, pengguna dapat menikmati akses internet mobile lewat jaringan 4G Smartfren, yang kecepatannya tidak dibatasi. Serta menikmati kuota sebesar apapun penggunaannya, tanpa dibatasi pula. Mantab, kan? Baca: Pengguna 4G LTE Smartfren Ditargetkan Capai 1,5 Juta Pelanggan Hingga 2016 […]

  2. […] Dengan isi ulang IDR 100 ribu, pengguna mendapat total kuota sebanyak 19 GB (5 GB regular, 12 GB kuota malam, dan 2 GB kuota bonus). Kuota bonus yang 2 GB juga masih bisa dinikmati setiap melakukan isi ulang sebesar IDR 100 ribu. Bergelimang bonus kuota data, bukan? Sayangnya nomor Smartfren yang digunakan pada paket bundling dengan Samsung J2 ini hanya bisa dipakai buat data saja, tak bisa dipakai bertelepon. Untuk bertelepon, harus menggunakan slot SIM card satunya. Baca: Pengguna 4G LTE Smartfren Ditargetkan Capai 1,5 Juta Pelanggan Hingga 2016 […]

  3. […] “Smartfren terus memaksimalkan kesiapan jaringan 4G LTE Advanced di kota Jabotabek pada uji jaringan ini. Sehingga diharapkan nantinya performa 4G LTE Advanced Smartfren dapat tampil maksimal untuk melayani masyarakat,” ujar Munir S.P., Head of Network Special Project Smartfren di Tangerang, Banten (12/11). Baca: Pengguna 4G LTE Smartfren Ditargetkan Capai 1,5 Juta Pelanggan Hingga 2016 […]