ArenaLTE.com – Menurut laporan yang dikeluarkan oleh perusahaan analis Ovum , kini pengguna 4G LTE dunia telah menyentuh angka lebih dari 1 miliar orang. Lebih jauh, perusahaan analis Ovum juga menjelaskan bahwa jumlah pengguna 4G LTE dunia hingga 1,05 miliar tersebut terjadi pada Q4 2015 dan penyumbang terbesar jumlah pengguna 4G LTE dunia datang dari 5 negara.

China yang menjadi penyumbang terbesar dengan 35% pengguna 4G LTE terbanyak dari negaranya, diikuti oleh Amerika yang menyumbang 21%; Jepang 9%, Korea selatan 4% dan Inggris Raya 3 %. Negara Brasil, Jerman, Perancis dan Kanada mengikuti kelima negara tersebut dengan menyumbang 2% dari jumlah pengguna 4G LTE dunia dan pengguna 4G LTE Australia menyumbang sekitar 1%.

Ovum juga memprediksi jumlah pengguna 4G LTE akan terus tumbuh hingga mencapai 3,62 Milyar pada tahun 2020 nanti. Dan ditahun 2020 tersebut jumlah pengguna 4G LTE dunia akan disumbang dari negara Cina sebanyak 28%, Amerika dan India 10%, Jepang 4 %; Rusia, Indonesia, Brazil, dan Jerman menyumbanag jumlah pengguna LTE 3 persen; Inggris dan Korea Selatan 2 %.

pengguna 4G LTE duniaHasil analisis dari Ovum ini juga menunjukkan bahwa adopsi 4G LTE mengalami peningkatan dua kali lebih cepat daripada adopsi W-CDMA. Seperti yang dilansir dalam keterangan tertulisnya Mark Newman, Ovum chief research officer mengatakan bahwa “hanya dibutuhkan waktu sekitar 6 tahun bagi adopsi 4G LTE untuk meyentuh angka 1 milyar pengguna, padahal adopsi W-CDMA membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun untuk meraihnya.

“Sangat jelas terlihat sekarang betapa pentingnya kecepatan data nirkabel, dimana para operator agresif menggelar jaringan 4G LTE untuk memenuhi permintaan konsumen untuk kapasitas yang lebih besar, dan akan terus berlanjut, ” ujarnya.

Newman juga menambahkan bahwa pengguna LTE akan berlipat ganda pada 2017 dan meningkat tiga kali lipat pada tahun 2019dengan dorongan dari semakin murahnya smartphone 4G LTE dan layanan mobile broadband yang lebih terjangkau. “Pada akhir 2020, diprediksi smartphone yang menggunakan layanan 3G dan 4G LTE akan menguasai 85 persen dari semua jumlah pengguna layanan seluler di dunia,” kata Ovum.