Pengguna 4G LTE di Indonesia Habiskan Kuota 6,5GB Sebulan

ArenaLTE.com - Dengan semakin meluasnya coverage jaringan 4G LTE operator, pengguna layanan ini pun terus meningkat. Dan, akses internet yang lebih ngebut ternyata mendorong kenaikan konsumsi kuota layanan data. Pengguna 4G rata-rata menghabiskan kuota 6,5GB dalam sebulan.

Akses internet via jaringan 4G LTE yang lebih cepat, otomatis meningkatkan kecenderungan streaming video. Menurut PT XL Axiata tbk (XL), kehadiran internet dengan kecepatan tinggi membuat akses terhadap konten video dan beragam layanan streaming mengalami peningkatan.

Rahmadi Mulyohartono, VP LTE XL di sela-sela media update teknologi terbaru mereka di Jakarta menuturkan bahwa hal paling krusial dalam layanan 4G LTE adalah kecepatan akses dan kapasitas yang besar. Menurutnya, konsumsi data semakin besar, bahkan 48 persen trafik pelanggan 4G mengakses layanan streaming.

scammer

Dalam kesempatan yang sama, Budi Harjono, VP Network Development XL mengungkapkan jika konsumsi data pengguna 4G rata-rata per bulan mencapai 6,5GB. Kehadiran layanan 4G, lanjutnya, mendorong pengguna mengakses layanan streaming. Tak heran jika nyaris separuh trafik dipakai mengakses layanan streaming.

Dari catatan XL, 60 persen pengguna sudah menggunakan handset 4G. Tahun ini, angka tersebut diprediksi akan mencapai 90 persen, seiring dengan perkembangan ponsel yang dipasarkan oleh berbagai vendor.Sementara itu, mengenai rencana pengembangan layanan XL 4G LTE di tahun 2017, XL akan terus membawa layanan ini ke lebih banyak kota lagi, termasuk kota-kota kecil dan di luar Jawa.

Pengembangan layanan ini ke wilayah yang lebih luas dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia sesuai dengan visi XL untuk menyediakan layanan internet cepat guna membantu masyarakat Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Selain itu, penetrasi layanan internet cepat juga untuk mendukung percepatan pembangunan oleh pemerintah, sesuai dengan visi Indonesia Broadband Plan (IBP).

Seiring dengan perluasan layanan 4G tahun ini, XL berharap bisa meningkatkan jumlah pelanggan sepanjang tahun 2017 ini. Mereka pun berupaya melanjutkan berbagai program yang terkait dengan penyediaan ekosistem 4G yang lebih lengkap dan menarik bagi pelanggan dan masyarakat. Selain itu, layanan mobile broadband atau MBB juga akan terus digiatkan.

Penerapan sejumlah teknologi mutakhir untuk meningkatkan kualitas layanan 4G tersebut memberikan hasil antara lain berupa terus meningkatnya trafik layanan 4G oleh pelanggan XL sepanjang 2016. Jika pada Juni 2016 trafik sekitar 107 TB per hari, maka terus meningkat menjadi 605 TB di Desember 2016.

Leave a Comment