ArenaLTE.com – Lenovo Indonesia pekan ini mengumumkan bahwa perusahaan ini akan memulai pabrikasi lokal smartphone Lenovo di Serang, Banten, Indonesia. Raksasa teknologi asal Tiongkok ini bekerjasama dengan perusahaan lokal, TDK, yang telah memiliki fasilitas pabrikasi ponsel.

Di pabrik TDK, Lenovo Indonesia memiliki tiga lini pabrikasi dengan kapasitas produksi 75.000 hingga 150.000 unit per bulan. Model smartphone pertama yang diproduksi di fasilitas pabrikasi tersebut adalah Lenovo A6010 dan A2010 .

Chen Xudong, President MBG Group, Lenovo dan chairman Motorola Mobility Operating Board, dalam sambutannya mengatakan Lenovo Indonesia telah beroperasi di selama 10 tahun, dan terus berkomitmen  untuk melayani pasar dalam negeri. “Hari ini kami senang sekali dapat memperluas kehadiran kami dan memperkuat komitmen jangka panjang kami melalui pabrikasi lokal smartphone Lenovo di Indonesia. Inisiatif pabrikasi lokal ini dimungkinkan karena Indonesia memiliki talenta-talenta yang kompeten dalam jumlah besar, dan hal ini juga menegaskan arti penting strategis Indonesia bagi strategi global Lenovo untuk memperkuat kepemimpinan kami di segmen smart connected devices,“ jelas Chen XUdong.

Sementara itu Adrie R. Suhadi, Country Lead, Smartphone Division, Lenovo Indonesia, mengatakan Pemerintah Indonesia telah mengumumkan regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) guna mendorong pabrikasi produk-produk TIK di Indonesia dan Lenovo bangga menjadi salah satu perusahaan global pertama yang mematuhi regulasi tersebut.

Adrie menegaskan Indonesia merupakan salah satu pasar smartphone terbesar di dunia. Mengutip data dari IDC, diprediksi sebanyak 29,77 juta smartphone akan dikirim ke Indonesia tahun ini. “Kami berkomitmen untuk melayani pasar dalam negeri dengan produk-produk ‘Buatan Indonesia’, dan untuk mendorong agar teknologi dan fitur kelas dunia dapat dijangkau dengan cepat oleh konsumen Indonesia,” ujarnya.

Lenovo adalah merek smartphone 4G papan atas di Indonesia menurut IDC Asia/Pacific Quarterly Mobile Phone Tracker Q2 2015, dengan pangsa pasar tertinggi di segmen 4G  yakni sebesar 19,2%. Lenovo juga tercatat menempati posisi No. 1 untuk penjualan smartphone secara online di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 27,4%. Hal ini menegaskan popularitas Lenovo di kalangan konsumen di pasar ponsel Indonesia yang sangat kompetitif.