ArenaLTE.com – 2015 menjadi tahun yang manis buat vendor ponsel asal Tiongkok Oppo. Belum lama ini ini Oppo dilaporkan berhasil meraih penjualan 50 juta unit lebih handset sepanjang tahun lalu. Angka tersebut sekaligus menggambarkan pertumbuhan year-on-year hinga 67 persen. Kesuksesan ini didukung kampanye pemasaran mereka terutama di Tiongkok dan berkat beberapa kerjasama kunci.

Pertumbuhan ini menjadikan sang produsen melejit ke sepuluh besar brand smartphone global. Sang vendor kini menempati posisi ke delapan dunia. Dalam keterangan pers-nya perusahaan menegaskan sangat berterimakasih terhadap peningkatan market share dan meledaknya penjuaan di Tiongkok.

Di Tiongkok, perusahaan ini berhasil meraup 27,9 persen penjualan offline di segmen 300-450 dolar AS. Menurut lembaga riset independen SINO MR, Oppo berhasil menempatkan diri sebagai pilihan paling populer di rentang harga tersebut, khusus di pasar offline.

Oppo sukses mengamankan posisi papan atas di paasar Tiongkok melalui kampanye iklan yang sukses. Sang vendor mengangkat solusi VOOC Flash Charge yang bisa mmendongkrak kecepatan charging. Slogan “Charge for five minutes, talk for two hours” terbukti simpel dan efektif, membuat merek ini menjadi semakin familiar di pasar domestiknya.

Menuju 2016, perusahaan asal Tiongkok ini berencana mengembangkan momentum tersebut menjadi ekspansi lebih besar di pasar non-Tiongkok. Mereka sudah mengincar India sebagai salah satu target utama mereka dan berharap menikmati peningkatan 300 persen di negara tersebut di 2017.

Oppo berjuang keras. Meskipun perusahaan ini belum begitu dikenal dengan perangkat high end-nya, namun perusahaan ini tengah mencari cara menegaskan pasarnya dengan produk berkualitas sesuai harga untuk segmen mid-range dan entry-level. Kini F series pertama mereka Oppo F1 menjadi senjata baru menjaring konsumen lewat keunggulan di sektor kamera dan desain.