ArenaLTE.com – Selain Iran, sejatinya belum ada negara di dunia yang secara resmi melarang permainan Pokemon Go bagi warganya. Meski begitu, di banyak negara sudah ada pelarangan dan pembatasan area bermain Pokemon yang dikeluarkan per lembaga atau perusahaan. Di Indonesia, institusi TNI telah resmi mengluarkan larangan bagi anggotanya bermain Pokemon, terutama di wilayah-wilayah sensitif. Lalu yang terbaru ada larangan berburu Pokemon di lingkungan Istana Negara.

Tak jauh dari Indonesia, Thailand juga punya gebrakan tersendiri terkait Pokemon. Seperti dikutip dari situs Telecomasia, National Broadcasting and Telecommunications Commission (NBTC) di Thailand berencana melarang permainan Pokemon Go di sejumlah tempat, seperti, istana kerajaan, vihara, dan rumah sakit. Kebijakan ini akan diambil setelah NBTC bertemu dengan sejumlah operator telekomunikasi untuk merundingan langkah pengamanan dan perlindungan bagi tempat penting,.

Operator telekomunikasi seluler di Thailand terdiri dari Advanced Info Service Pcl, Total Access Communication Pcl, True Corp, serta dua badan usaha negara TOT Pcl dan CAT Telecom. Pemegang izin muatan Pokemon di Thailand, True, berjanji meminta pencipta permainan Pokemon Go, Niantic Inc, menghapus sejumlah tempat, seperti, gedung pemerintahan dan milik pribadi.

Pihak Niantic Inc kabarnya sepakat untuk ‘menarik’ Pokemon dari sejumlah wilayah yang berbahaya seperti jalanan, trotoar, bantaran sungai, dan tempat penting lain. Pokemon Go, yang menggabungkan karakter-karakter klasik dengan permainan berbasis lokasi, kini tengah menjadi permainan yang sangat populer di seluruh penjuru dunia. Selain pembatasan Pokemon berdasarkan lokasi, NBTC juga akan merundingkan pembatasan waktu bermain di Thailand.

Dengan menggunakan smartphone, pemain harus berjalan kaki mencari karakter Pokemon dalam peta yang sering kali muncul di kantor, restoran, museum, dan tempat lainnya. Namun demikian, permainan itu sering kali dianggap sebagai penyebab sejumlah kecelakaan dan hal-hal lain dari pengguna yang terlalu berkonsentrasi pada layar telepon pintar saat berjalan kaki. Terkait demam Pokemon, NBTC nantinya juga akan mewajibkan bagi tiap operator untuk menyebar buku panduan cara bermain Pokemon yang aman.