ArenaLTE.com – Keran layanan 4G LTE mulai dibuka seiring dengan langkah lima operator telekomunikasi secara serentak meluncurkan layanan 4G LTE. Adalah Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Hutchinson 3 dan Smartfren yang melakukan launching layanan 4G LTE mereka di lima kota besar berbeda.

Menariknya, start peluncuran layanan 4G LTE ini dilakukan di kota-kota luar pula Jawa. Telkomsel menggelar layanan 4G LTE mereka di Makassar, Indosat memberikan layanan di Balikpapan, XL Axiata terjun di Lombok, Smartfren menggeber di Batam dan Hutchison 3 memilih Banjarmasin di Kalimantan.

Gong peluncuran serentak operator telekomunikasi ini sendiri ‎dilakukan bertepatan dengan peresmian lisensi 4G LTE 1800 MHz. Empat operator telekomunikasi di Indonesia terhitung mulai hari ini (6/7) resmi mengantongi izin operasi layanan 4G LTE di 1800 MHz.
Penyerahan sertifikat kelaikan operasi (SKLO) layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz dilaksanakan secara simbolis di kota Makassar oleh Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo Kalamullah Ramli kepada  lima operator telekomunikasi di Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Hutchison 3, dan Smartfren. Diresmikan secara langsung oleh Menkominfo Rudiantara melalui video conference dari Jakarta.
BacaIni Penyebab Adopsi Teknologi 4G LTE di Indonesia Lamban

Menariknya, dari lima operator hanya Smartfren yang tidak mengoperasikan 4G di spektrum 1.800 MHz. Smartfren adalah satu-satunya operator seluler berbasis CDMA yang menyediakan layanan 4G LTE serta beroperasi di frekuensi 800 MHz dan 2300 MHz.

Comments

  1. […] Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata kecepatan mobile broadband di Indonesia rata-rata hanya menang sedikit diatas Vietnam. Indonesia dikalahkan oleh Myanmar dan Filipina. Kecepatan internet rata-rata di tanah air hanya mencapai 2.2Mbps, sedangkan yang paling tinggi di Asia, Korsel, bisa mencapai 23.6mbps. Bahkan Indonesia menjadi negara dengan tingkat adopsi kecepatan mobile broadband terendah se Asia Tenggara yakni mencapai 4Mbps. Tingkat adopsi di Tanah Air hanya mencapai 6.0%. Hadirnya layanan 4G LTE yang kemarin diluncurkan secara serentak oleh lima operator diharapkan bisa meningkatkan adopsi dan kecepatan mobile broadband di Indonesia. (Baca: Layanan 4G LTE Operator Serentak Digeber di 1800 MHz) […]

  2. […] Berkat kerjasama tersebut, proses penataan frekuensi ini tergolong cepat memakan waktu sekitar 4 bulan. Sebagai informasi, pada Juli yang lalu pemerintah dan operator secara serentak meresmikan beroperasinya layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz. Namun saat itu layanan 4G LTE di frekuensi tersebut masih bersifat lokal di daerah tertentu saja. Telkomsel menggelar layanannya di Makassar, Indosat memulai dari Balikpapan, XL Axiata terjun di Lombok, dan Hutchison 3 memilih Banjarmasin. Baca: Layanan 4G LTE Operator Serentak Digeber di 1800 MHz […]