Salah satu berita paling aneh di dunia telelkomunikasi mungkin datang dari benua Afrika. Millicom International Cellular baru-baru ini membeli saham mayoritas Zanzibar Telecom (Zantel) dengan hanya mengeluarkan uang US$ 1, atau sekitar Rp 12 ribu!

Zantel adalah operator telekomunikasi seluler terkemuka di pulau Zanzibar dengan pendapatan kotor US $ 82 juta dan 1,7 juta pelanggan di seluruh Zanzibar dan daratan Tanzania pada tahun 2014.

Millicom mengatakan bahwa mereka berniat untuk mempertahankan dan terus beroperasi di bawah merek Zantel, sembari memberikan efisiensi teknis dan operasional.

Menurut ketentuan perjanjian, Millicom akan membayar total sebesar $ 1 dolar dan menutupi jumlah kewajiban utang $ 74.000.000.

Millicom mengharapkan pendapatan bersih Zantel mencapai $ 25.000.000 melalui produk dan layanan baru untuk basis pelanggan yang sudah ada dan memberikan efisiensi lebih besar. Perjanjian ini memungkinkan untuk penyesuaian dengan pertimbangan total jika target itu tidak tercapai pada akhir 2019.