ArenaLTE.com – Sejak diluncurkan di Indonesia pada Juni 2015 lalu, aplikasi pertama buatan opera yang bukan browser bernama Opera Max berhasil menempati posisi kedua dengan jumlah pengguna terbesar di seluruh Dunia. Dan jika sebelumnya aplikasi penghemat data internet ini hanya tersedia untuk pengguna smartphone saja kini Opera Max sudah tersedia untuk pengguna tablet.

Pada dasarnya, Opera Max ini akan membantu kita mengurangi konsumsi data internet kita, jadi bisa dibilang aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi penghemat konsumsi internet ketika melakukan streaming vido dan musik. Opera Max dapat kita manfaatkan ketika menikmati layanan streaming seperti Netflix, Spotify, Joox, YouTube, Instagram, Flipboard, dan Chrome.

Aplikasi Opera Max dihadirkan oleh Opera untuk membantu pengguna Android dalam mengatur dan menghemat kuota data internet yang digunakan untuk mobile app hingga 50%. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi manajemen data pertama di dunia yang menyediakan teknologi kompresi data untuk aplikasi video dan musik. Sehingga konsumsi kuota data internet bisa lebih hemat daripada biasanya.

opera max tabletBaca juga: infografis Tips Hemat Data Internet

Tak bisa dipungkiri lagi, dengan koneksi internet yang semakin cepat, konten video menjadi favorite penguna smartphone dan juga tablet yang menawarkan tampilan layar yang lebih luas. Layanan streaming video inilah yang menjadi slah satu penguras kuota data internet pengguna smartphone.

Berdasarkan data dari MilwardBrown, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan 54 menit setiap hari untuk melihat video dari smartphone mereka, dan 52% konten video yang dikonsumsi setiap hari diakses melalui saluran digital. Kebiasaan menonton video ini tentu saja akan menguras konsumsi kuota data internet pengguna smartphone dan tablet.

Proses pengaturan aplikasi Opera Max ini dipastikan akan lebih mudah menggunakan tablet yang memiliki layar lebih luas daripada smartphone. aplikasi penghemat data internet ini juga telah mendukung 63 bahasa dengan tambahan yang terbaru yaitu bahasa Arabic, Urdu, Persian dan Hebrew. Dengan update terbaru ini Opera Max akan dapat digunakan oleh 98% pengguna Android di seluruh dunia untuk menghemat konsumsi data internet mereka.