ArenaLTE.com – Sejak diluncurkan di Indonesia pada Juni 2015 lalu, aplikasi pertama buatan opera yang bukan browser bernama Opera Max berhasil menempati posisi kedua dengan jumlah pengguna aplikasi Opera Max terbesar di seluruh Dunia. Posisi pertama masih dikuasai oleh India, dan Opera Max juga banyak digunakan oleh pengguna smartphone Android di beberapa negara lain seperti Brazil, Rusia dan Bangladesh.

Pertumbuhan tersebut terjadi seiring meningkatnya jumlah pengguna smartphone dan kebutuhan terhadap aplikasi yang kaya akan video dan gambar. Di tahun 2015, sebanyak 3 dari 4 ponsel yang didistribusikan secara global adalah smartphone. Pertumbuhan smartphone di Indonesia sangat pesat, berdasarkan data dari server Opera Mini per Oktober 2015, dalam waktu setahun ada sekitar 41% pengguna mobie internet di Indonesia yang berpidah dari feature phone ke smartphone.

Konten video adalah aplikasi mobile yang paling banyak mengkonsumsi data pengguna smartphone. Berdasarkan data dari MilwardBrown, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan 54 menit setiap hari untuk melihat video dari smartphone mereka, dan 52% konten video yang dikonsumsi setiap hari diakses melalui saluran digital. Kebiasaan menonton video ini tentu saja akan menguras konsumsi kuota data internet pengguna smartphone.

Aplikasi Opera Max dihadirkan oleh opera untuk membantu pengguna Android dalam mengatur dan menghemat kuota data internet yang digunakan untuk mobile app hingga 50%. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi manajemen data pertama di dunia yang menyediakan teknologi kompresi data untuk aplikasi video dan musik. Sehingga konsumsi kuota data internet bisa lebih hemat daripada biasanya.

Opera MaxServer Opera Max juga mencatat sebesar 65% pengguna Opera Max di Indonesia menggunakan mobile data untuk mengakses mobile apps, dan sisanya menggunakan jaringan Wi-Fi. Tiga kategori aplikasi yang paling sering diakses melalui jaringan mobile adalah video 31%, diikuti oleh media sosial 28% dan browser (28%). Data dari opera Max juga menyebutkan bahwa YouTube merupakan aplikasi populer ketiga di Indonesia dan mengkonsumsi paling banyak data internet. Aplikasi ini juga yang mendapatkan kompresi paling optimal dari opera Max.

Tidak hanya untuk video, aplikasi Opera Max juga dapat digunakan untuk menghemat konsumsi data internet berbagai aplikasi lainnya seperti browsing internet dengan Chrome hingga 40%, Instagram bisa hemat hingga 60%, LINE hingga 30% dan Youtube hingga 50%. Hampir semua aplikasi mobile yang memakan kuota data internet bisa dihemat, seperti diantaranya aplikasi favorit BBM, Google Quick Search Box, Facebook, Google Map, Gmail, Google+ hingga Whats App.

Bahkan aplikasi Opera Max berhasil membantu keseluruhan para pengguna di Indonesia menghemat penggunaan Youtube yang diakses melalui jaringan internet mobile selama bukan Oktober 2015 hingga lebih dari IDR450 juta dengan asumsi harga data per 1 Mb yaitu IDR60. Selama tiga bulan pertama sejak diluncurkan, Opera Max berhasil mengalami peningkatan pengguna hingga 15 kali lipat.

Opera MaxIvollex Hodiny, Growth Director untuk Asia, Opera Software menyampaikan bahwa opera Max adalah solusi masa depan untuk menghemat data internet bagi pengguna smartphone, karena kami menyadari bahwa kompresi data adalah hal penting yang patut dipertimbangkan untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat menggunakan smartphone.

Saat ini, masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan WiFi daripada mobile data karena mahalnya paket internet. Dengan menggunakan opera max, mereka dapat menghemat data dan mengatur biaya dengan lebih efisien, tanpa ketergantungan terhadap Wi Fi.

Opera Max tersedia untuk pengguna platform Android 4.0 dan dapat diunduh secara gratis di Google Play. Sedangkan untuk pengguna smartphone iOS dan Windows harus menunggu hingga tahun depan untuk bisa menikmati manfaat hemat kuota data internet menggunakan Opera max.