ArenaLTE.com – Huawei kembali menyelenggarakan Huawei Innovation Day Asia Pacific 2016. Dilaksanakan untuk kedua kalinya, kegiatan ini merupakan salah satu program Huawei dalam pelaksanaan teknologi bagi terciptanya masyarakat cerdas (Intelligent Society) di berbagai negara, seperti Indonesia, untuk menghadapi tantangan transformasi digital. Salah satunya dengan membangun OpenLabs Huawei.

Tahun ini, Huawei berkolaborasi dengan lebih dari 150 pakar industri, akademisi, dan pejabat pemerintah melalui Huawei Innovation Day Asia Pacific 2016, di Sydney, Australia. Huawei berencana untuk meningkatkan investasi untuk OpenLabs Huawei di daerah Asia Pasifik untuk membangun ekosistem TIK dan membantu pertumbuhan melalui inovasi.

Untuk membantu para pihak dalam mewujudkan ide­ide tersebut, Huawei memberikan dukungan melalui rencana investasi dalam bentuk OpenLabs Huawei  di daerah Asia Pasifik.

OpenLabs adalah bagian dari strategi Huawei untuk menciptakan ekosistem TIK dan melalui OpenLabs, Huawei berencana untuk menyatukan mitra bisnis regional dan global, mengembangkan solusi dan kapasitas inovasi untuk industri, memperluas pasar, dan berbagi manfaat.

Li Jinge, President of Huawei AsiaPacific OpenLabs Huawei
Li Jinge, President of Huawei AsiaPacific

OpenLabs milik Huawei berlokasi di seluruh dunia dan hingga saat ini, Huawei telah meluncurkan 6 OpenLabs untuk usaha enterprise di Munich, Meksiko, Dubai, Singapura, Moskow, serta Tiongkok, dan telah bekerja sama dengan lebih dari 400 mitra solusi global. Pada tahun 2017, Huawei akan membangun OpenLab di Bangkok yang merupakan OpenLabs Huawei kedua di daerah Asia Pasifik.

“Kami percaya dalam mengeksplorasi dunia TIK di masa depan akan membutuhkan keterlibatan berbagai pihak, termasuk para pelaku industri, akademisi, dan pemerintah, karena masih banyaknya hal­hal yang belum diketahui dalam upaya pembangunan masyarakat pintar agar dunia menjadi terkoneksi lebih baik,” ujar Li Jinge, Presiden Huawei Asia Pasifik.

Hingga saat ini, Huawei Global telah membantu lebih dari 1.200 lembaga penelitian inovasi di lebih dari 300 universitas di 20 negara. Sejak tahun 2000, Huawei Indonesia secara berkelanjutan membangun ahli tenaga kerja TIK bersama mitra industri dan universitas, meningkatkan kemampuan teknikal dan keahlian manajemen , dan berbagi pengetahuan TIK melalui membangun pusat pelatihan TIK dan pusat inovasi, menyediakan pelatihan mahasiswa bersertifikat, bekerjasama dengan pemerintah, universitas dan mitra industri. Sejak tahun 2013, Huawei Indonesia  juga telah mengirim 65 pelajar terbaik dari 14 universitas