ArenaLTE.com – Nama Ongki Kurniawan bagi kalangan industri telekomunikasi bukan nama yang asing lagi. Setelah tujuh tahun berkiprah di XL Axiata dan memutuskan untuk mundur dari posisi bergengsi sebagai Director/Chief Digital Services Office (CSDO) XL, Ongki akhirnya berlabuh di LINE Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, LINE Corp menunjuk Ongki Kurniawan untuk menjabat posisi baru sebagai Managing Director LINE Indonesia sejak Juni 2016. Ongki mengungkapkan salah satu alasannya pindah ke LINE Indonesia karena melihat peluang yang sangat besar di Industri Digital dan LINE memiliki komitmen yang kuat terhadap industri digital.

Ongki berambisi untuk menjadikan Line Indonesia bukan hanya sebagai aplikasi pesan instan saja namun menjadi sebuah smart portal nomor satu di Indonesia. “LINE bukan hanya sebagai sarana penghubung para penggunanya saja, tetapi juga dapat memberikan akses kepada ragam informasi dan servis di mana dan kapanpun,” ujarnya.

Saat ini, LINE terhitung sudah memiliki fitur messaging yang cukup lengkap, ada voice call, video call, grup, dan kini ada fitur add people nearby. Kemudian, LINE juga sudah mengembangkan fitur layanan, seperti Line Official Account, Line Shopping, Line Business Connect, Line@, Line Webtoon, Line Games, dan Line Today. Keseluruhan layanan ini menjadi pilar pendukung Line untuk menjadi smart portal.

Hal ini akan dicapai dengan menjadi platform komunikasi utama untuk ekonomi kreatif digital Indonesia. “Kami memberi dukungan terhadap talenta dan bisnis lokal serta memastikan bahwa semua produk dan konten kami memiliki relevansi lokal,” tambahnya.

Ketika diperkenalkan secara resmi kepada media, Ongki mengungkapan beberapa tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan LINE Indonesia diantaranya yaitu permasalahan infrastruktur yang belum merata, seperti layanan internet dan smartphone. Karena menurutnya hal tersebut merupakan pondasi dasar yang harus dimiliki sebelum menjadi pengguna LINE.

Namun, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kondisinya kini sudah lebih membaik. Infrastruktur telekomunikasi terus diperbaiki dan dikembangkan. LINE juga didukung oleh para vendor produsen perangkat yang banyak menghadirkan smartphone dengan harga yang sudah jauh lebih murah.

Layanan 4G LTE kini sudah hadir dan terus dikembangkan ke berbagai kota di tanah air. Kehadiran teknologi 4G LTE ini jelas sangat membantu sekali, karena sekarang berkirim pesan bukan hanaya sekedar teks saja. Pengguna LINE mulai kreatif menggunakan layanan komunikasi dengan multimedia yang membutuhkan akses internet cepat, seperti layanan video messaging dan video call menggunakan LINE.

Tantangan lain yaitu mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa banyak peluang dan manfaat yang bisa diperoleh dari LINE. Tidak hanya untuk memudahkan aktifitas sehari-hari seperti berbelanja hingga memesan gojek melalui LINE. Dan banyak juga yang sukses berbisnis menggunakan LINE, kedepannya LINE berharap dapat menjadi mitra terpercaya untuk ekonomi kreatif digital Indonesia.