ArenaLTE.com – Karena menyajikan akses internet super cepat, layanan 4G LTE banyak digunakan juga menikmati konten bermuatan besar seperti streaming musik, video, Voice Over LTE, Internet Of Things dan berbagai aktivitas lainnya. Tidak hanya itu, teknologi 4G LTE ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk keselamatan publik (Public Safety 4G LTE Network). Hal ini terungkap dari pemaparan teknologi terbaru Nokia Public Safety LTE di Hotel Borobudur, Jakarta (27/07/2016).

Dalam Lima tahun ke depan, menurut survei analisis terhadap 100 operator di seluruh dunia, terungkap bahwa yang menjadi prioritas pengembangan lanjutan dari teknologi 4G LTE adalah layanan keselamatan publik. Solusi Nokia Public Safety LTE diklaim termasuk sebagai salah satu pemimpin di bidang ini.

Perusahaan yang dulu menjadi raksasa ponsel dan sekarang hanya fokus di jaringan ini telah bekerjasama dengan berbagai lembaga keselamatan publik. Mereka menggelar teknologi 4G LTE dan penerapannya pada berbagai aplikasi yang mendukung public safety. Seperti komunikasi video waktu seketika antara para perespon pertama dan pusat komando. Juga kendaraan pelacak dan koneksi-koneksi broadband yang memungkinkan tim-tim dengan cepat dan aman mendapatkan dan membagikan informasi rinci mengenai situasi darurat.

Leo Darmawan, Head of Mobile Broadband Solution, Nokia Indonesia mengungkapkan bahwa Solusi Nokia Public Safety LTE ini dapat membantu otoritas keamanan publik menerapkan berbagai solusi komunikasi dan pengawasan yang efektif dengan teknologi terbaru. Seperti misalnya layanan PTT (Push To Talk) lengkap dengan video visual.

Nokia Public Safety Network
Dari kiri-kanan : Steve Park, Country Marketing Lead, Nokia Networks Korea; Leo Darmawan, Head of Mobile Broadband Solution

Dengan kecepatan koneksi LTE yang tinggi, Penerapan drone yang dilengkapi dengan kamera video dapat membantu memindai area yang luas dan mengirimkan video langsung ke pusat komando. Keselamatan tim pencari dapat ditingkatkan dengan pelacakan lokasi dan real-time aplikasi untuk kesadaran situasional.

Implementasi Nokia Public Safety LTE

Solusi Nokia Public Safety LTE sudah berjalan di Korea Selatan. Steve Park, Country Marketing Lead, Nokia Networks Korea, mengatakan untuk penerapan layanan Public Safety di negeri gingseng tersebut, pemerintah Korea Selatan memutuskan untuk menggunakan jaringan sendiri di frekuensi 700 Mhz.

Dimulai sejak Q2 2015 lalu, tahap uji coba penerapan Nokia Public Safety LTE sudah selesai dengan operator KT dan SKT di 3 kota wilayah Gangwon. Kini memasuki tahap selanjutnya yaitu penerapan pada operator dan menerapkan di beberapa kota kecil yang lebih luas lagi.

Bagaimana dengan Indonesia? Pihak Nokia mengatakan saat ini mereka baru sebatas memperkenalkan solusi tersebut. Mereka tidak bisa bergerak karena segala keputusan terkait penggunaan frekuensi jaringan ada di tangan pemerintah. Sehingga diharapkan pemerintah bisa lebih cepat tanggap terhadap hadirnya berbagai teknologi baru seperti solusi Public Safety LTE ini. Karena memiliki manfaat yang besar untuk keselamatan publik terutama di kota-kota besar yang telah memiliki infrastruktur jaringan memadai dan pemerintah kotanya gencar mengembangkan konsep smart city.

Berikut ini infografis mengenai konsep Nokia Public Safety LTE:

nokia publics afety lte