ArenaLTE.com – Masing-masing vendor jaringan punya strategi tersendiri untuk mendorong solusinya agar dapat diterapkan oleh klien. Selain utamanya bertarung merebut kue di segmen operator seluler, vendor jaringan lewat turunan  4G LTE (Long Term Evolution) terus mencari peluang pasar di celah bisnis yang kecil namun bernilai investasi tinggi. Adalah LTE-R yang dianggap berpotensi.

Salah satu ceruk itu adalah LTE-R atau LTE Railway, pada prinsipnya solusi ini digadang untuk menunjang kelancaran sistem komunikasi antara unit kereta api dengan unit pengendali di stasiun. Hadirnya LTE-R sendiri merupakan buah dari transformasi teknologi sebelumya, yakni GSM-R yang diperkenalkan 12 tahun silam oleh vendor jaringan asal Jerman yang telah bubar, Siemens Network.

Dengan kondisi kekinian yang tengan mengemuka tentang IoT (Internet of Things), maka model penerapan LTE-R yang disandingkan  dengan keunggulan LTE-M (Machine) dipadang punya peluang besar untuk memenuhi kebutuhan pasar perkeretaapian. Setelah Huawei dan ZTE yang telah mendapat kesempatan menggelar proyek LTE-R, kini giliran vendor asal Finlandia yang ingin ikut ambil bagian dalam LTE-R.

Seperti dikutip dari situs networks.nokia.com, solusi yang ditwarkan dibungkus dalam label “LTE Ground to Train for Railways.” Dalam informasinya Nokia menyebut bahwa karakter teknologi ini menghadirkan kecepatan akses tinggi, keamanan  tingkat tinggi, dan kapasitas bandwidth yang besar. Mengapa butuh bandwidth besar? Ini tak lain konten yang dihadirkan Nokia mencakup jenis on board video surveillance, layanan hiburan untuk penumpang, akses komunikasi voice dan data, yang kesemuanya dikemas dalam singke IP network yang menggunakan waktu sama.

Kemampuan teknis dari LTE yang punya latency rendah (dibawah 10 ms) dipandang sangat ideal untuk mendukung aplikasi yang sensitif pada waktu, dan artimya kualitas yang dapat dinikmati penumpang dan sistem kereta api menjadi optimal. Komposisi yang mendukung  LTE Ground to Train for Railways terdiri dari Evolved Packet Core (EPC), akses radio UMTS Terrestrial Radio Access Network (E-UTRAN). E-UTRAN di install pada perangkat radio eNodeB (BTS 4G).