ArenaLTE.com – Nokia baru saja mengumumkan kembalinya mereka ke dalam industri smartphone. Salah satu agendanya yang terungkap untuk 2017 bisa ditafsirkan seperti ini: Merek Nokia segera kembali ke bisnis smartphone. Yups, si anak hilang yang sempat menikmati masa-masa emas di industri smartphone segera datang.

Nokia menyiapkan diri untuk terjun kembali secara serius di segmen smartphone tahun depan. Meskipun rumor dan bocoran sudah berseliweran di sana-sini mengenai rencana Nokia meluncurkan rangkaian produk Android, tapi belum ada keterangan resmi yang keluar dari mulut perusahaan. Hanya informasi seputar rencana Nokia untuk bermain di industri smartphone tahun depan saja yang baru terungkap.

Nokia dalam ajang Capital Markets day 2016 menyuguhkan sebuah slide yang menggambarkan agenda mereka di 2017. Di situ tertulis sebuah kalimat yang menjadi penanda kesiapan mereka di 2017: “Nokia brand’s return to smartphones”.Nokia industri smartphone

Sebagai informasi saja, perjanjian yang mengikat Nokia supaya tidak berkompetisi dengan Microsoft segera berakhir tahun depan. Perusahaan ini rela melepas Windows OS besutan Microsoft demi menggunakan Android OS-nya Google. Faktanya, sistem operasi ini menjadi yang paling menggiurkan dan punya market share terbesar dalam industri smartphone.

Tapi, Nokia tak akan membuat smartphone mereka sendirian lantaran mereka sudah tak memiliki fasilitas manufaktur seperti saat jaya dulu. Mereka hanya akan bertindak sebagai pemillik brand dan patennya. Sambil mengawasi perkembangan ponsel terbarunya yang dibuat oleh HMD global, perusahaan yang dibuat awal tahun lalu.

Baca juga: 
Nokia Comeback! Microsoft Jual Feature Phone Ke Foxconn & HMD Sebesar $350 juta

HMD bertugas menggabungkan paten dan brand dari Nokia dengan manufacturing dan riset pengembangan Foxconn. Salah satu handset Nokia yang akan mendarat di 2017 disebut-sebut dengan nama D1C. Nokia D1C sendiri sudah masuk ke dalamm benchmark dari Geekbench dan Antutu. Di situ tercatat jika ponsel bakal beroperasi dengan chipset Qualcomm 430 plus GPU Adreno 505.

Sementara untuk memori, Nokia D1C mengusung RAM 3GB, ROM 32GB dan berjalan di atas sistem operasi Android 7.0 Nougat. Smartphone ini akan mendukung resolusi layar full HD 1920 x 1080 piksel. Didukung kamera utama 13MP dan kamera depan 8MP. Selain seri ini ada bocoran jika seri keduanya pun segera membuntuti.