ArenaLTE.com – Belum lama ini, Apple mengungkapkan telah menjual 13 juta unit iPhone selama akhir pekan sejak smartphone tersebut dirilis. Angka tersebut tentu cukup fantastis. Tapi nyatanya dalam soal penjualan ponsel global, belum ada yang mampu menandingi kinerja penjualan ponsel Nokia 1100.

Dikutip dari Ubergizmo.com (4/10/2015), Nokia 1100 belum tergantikan posisisnya hingga kini sebagai ponsel terlaris. Nokia 1100 dirancang dan disasar untuk pangsa negara berkembang, dengan fokus penjualan saat itu di India dan kemudian menyusul Indonesia.

Sejak diluncurkan perdana tahun 2003, Nokia 1100 telah membukukan penjualan 250 juta unit. Kekuatan ponsel ini lebih pada desain yang sederhana, relatif punya ketahahan pada debu (keypad tertutup), ada senter, dan tentunya harga jual yang murah. Saat diluncurkan perdana, Nokia 1100 hanya dijual dikisaran US$10.

Untuk diketahui, layar Nokia 1100 hanya memiliki resolusi 96 x 65 piksel dan menampilkan empat baris pesan teks saja. Ponsel ini tidak memiliki browser, kamera, dan tidak ada koneksi mobile data di dalamnya. Game yang dimiliki pun hanya dua, satu di antaranya adalah Snake. Namun, ada satu fitur yang menjadi ciri khas dari Nokia 1100, yaitu lampu senter yang ada di bagian atas ponsel.

Menyusul kesuksesannya, kemudian pabrikan ponsel asal Finlandia ini merilis Nokia 1110 yang juga pamornya sangat sukses di pasaran. Kabarnya dari segi penjualan hampir menyamai Nokia 1100. Karena perkembangan dan kebutuhan, Nokia akhirnya menghentikan produksi Nokia 1100/1110 pada tahun 2009.
BacaNokia Berusaha Kembali Jadi Raja Ponsel

Nokia 1100 Dijadikan Perangkat Andalan Hacker

Meski menyajikan perangkat ponsel dengan fitur serba dasar, tapi ponsel ini kerap digunakan hacker untuk melakukan kejahatan. Frank Engelsman, investigator dari Ultrascan Advanced Global Investigations, mengatakan para peretas menggunakan ponsel ini dengan memanipulasi perangkat lunak di dalamnya sehingga dapat mencegat SMS yang dikirim pada suatu nomor. Hal ini memungkinkan para penjahat untuk mendapat SMS berisi kata sandi rekening bank.

Di beberapa negara maju, sistem perbankan biasanya mengirim sebuah kode yang disebut mTAN (mobile Transaction Authentication Number) untuk mentransfer uang ke rekening tertentu. Dengan memanipulasi perangkat lunak pada ponsel Nokia 1100, kode ini dapat diambil dengan mudah oleh para kriminal.

“Ponsel ini menggunakan peranti lunak khusus yang dibuat peretas sehingga dapat menyadap SMS dan menerima nomor orang lain,” kata Max Becker, kepala teknologi dari Ultrascan Advanced Global Investigations. Namun, tak semua ponsel Nokia 1100 dapat digunakan untuk membobol rekening bank. Hanya Nokia 1100 buatan Jerman saja yang bisa melakukannya.

Nokia 1100 Versi Android

Selain kabar eksistensi Nokia 1100, ada rumor yang lebih heboh. Bahwa nama seri di ponsel ini akan dihadirkan kembali dengan mengusung sistem operasi terbaru yakni Android Lollipop. Nokia 1100 yang akan lahir kembali tersebut diketahui pertama kali di situs benchmark Geekbench. Dalam situs tersebut diungkapkan bahwa Nokia 1100 baru, terlihat menggunakan Android versi terbaru 5.0 Lollipop. Namun, ini hanyalah penamaan saja yang sama. Karena dari spesifikasi, desain, dan teknologi jelas berbeda jauh.