ArenaLTE.com – Seteleh menghentikan project Ara baru-baru ini, sebuah laporan terbaru mengungkapkan rencana terbaru Google untuk juga menghentikan program produksi produk smartphone Nexus mereka. Padahal seri smartphone Nexus berikutnya sedang diproduksi oleh HTC yang rencananya akan diberi nama Sailfish dan Marlin. Google akan mengganti nama Nexus Marlin dan Sailfish tersebut dengan nama smartphone Pixel dan Pixel XL.

Kedua smartphone tersebut memiliki spesifikasi dan kemampuan fitur yang sama, perbedaannya hanya terletak pada hardwarenya yaitu perbedaan ukuran layar, resolusi dan baterai yang lebih kecil untuk seri Marlin atau yang nantinya akan bernama Pixel.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan jika Marlin dan Sailfish yang dibuat oleh HTC tidak merepresentasikan “image” premium yang ingin dibangun Google melalui seri smartphone Pixel mereka.

Ini pendapat yang menarik meskipun Google sendiri tidak secara eksplisit mengungkapkan bahwa smartphone Pixel ini harus menjadi smartphone yang terbaik segalanya mulai dari desain, bahan material dan Sistem operasi Murni Google didalamnya.

Beberapa sumber bahkan mengungkapkan bahwa rencananya peluncuran smartphone Pixel dan Pixel XL ini akan menjadi smartphone pertama yang benar-benar diproduksi langsung oleh Google, tanpa melibatkan vendor lain seperti produksi smartphone Nexus yang selama ini dilakukan bekerja sama dengan HTC, LG, Samsung, Motorola, Huawei dan ASUS.

Masih belum terungkap jelas apa alasan dibalik keputusan Google untuk menghapus nama Nexus menjadi seri Pixel tersebut. Lalu apakah ini berarti Nexus is Dead? Lalu bagaimana nasib para pengguna smartphone Nexus?

Seperti yang kita ketahui bersama, butuh waktu bertahun-tahun untuk meningkatkan popularitas brand smartphone Nexus. Hingga saat ini smartphone Nexus terbaru yaitu seri Nexus 6P buatan Huawei menjadi hampir 6 tahun perjalanan smartphone Nexus. Huawei juga rencananya akan meneruskan tablet Nexus 7. Jadi rasanya tidak mungkin Google akan menghapusnya begitu saja.

Namun seperti yang kita pahami bersama bahwa seri Nexus Marlin dan Sailfish diproduksi oleh HTC dan Google akan mengganti namanya menjadi Pixel dan Pixel XL tanpa embel-embel Nexus. Tablet terbaru juga tidak akan bernama Nexus,  Produk smart home buatan Google (Google Home) juga tidak menyenggol Nexus, jadi sepertinya nasib Nexus benar-benar suram.

Baru-baru ini Google juga menghentikan proyek masa depan mereka seputar smartphone berkonsep modular bernama Project Ara. Bisa saja setelah project Ara Google dibatalkan, akan dilanjutkan dengan nama Nexus. Namun kita belum tahu pasti apa rencana sebenarnya dari Google tentang produk smartphone buatan mereka, hanya Google yang tahu.