ArenaLTE.com – Demi menghadirkan kenyamanan penikmat layanan TV dan Video Streaming, Netflix versi mobile terus memperbaiki fitur dalam platform mereka. Beberapa perubahan yang dilakukan terkadang kecil atau juga perubahan besar yang tidak akan mengurangi pengalaman dan kenyamanan menikmati layanan straming TV dan video para penggunanya. Salah satu perubahan penting yang sedang di ujicoba dan siap segera diluncurkan dalam netflix versi mobile yaitu fitur penghemat data internet.

Seperti yang dilansir Gizmodo beberapa waktu lalu, tim inovasi platform Netflix versi mobile merinci beberapa perubahan fitur yang dilakukan sejak layanan ini diluncurkan. Perubahan tersebut antara lain yaitu tampilan layar yang ber-evolusi dari hanya sekadar tampilan di TV kini mendukung Smart TV dan Web browser. Pergeseran dari daftar film yang stagnan menjadi sebuah tampilan menarik dengan gambar besar hingga video klip.

Ini menjadi bagian dari perubahan yang dilakukan berdasarkan masukan dari ribuan penggunanya. Juga dari pengumpulan data riset dan ujicoba berbagai fitur baru. Hal ini untuk melihat apakah mereka memiliki dampak positif pada jumlah video yang ditonton dalam Netflix. Juga tentu saja pengaruhnya terhadap jumlah pelanggan Netflix yang masih tetap bersedia membayar untuk berlangganan dengan melakukan berbagai perubahan fitur tersebut.

Netflix versi mobile penghemat dataBerbagai perubahan tersebut memang masih dalam tahap ujicoba namun salah satu fitur paling diharapkan dan dinanti pengguna Netflix versi mobile yaitu penghemat konsumsi data internet yang akan segera muncul.

Jika melihat dari tampilan screenshot, terlihat bahwa Netflix sedang menciptakan dan melakukan ujicoba fitur pernghemat data “Data Saver” untuk pengguna Netflix versi mobile melalui smartphone Android ataupun iOS. Menurut Netflix, pengguna Apple akan menikmati fitur ini terlebih dahulu, baru kemudian diluncurkan untuk Android secara meluas.

Fitur data saving ini bisa dihidupkan dan di non aktifkan sesuai keinginan pengguna, penghematan data ini juga berdasarkan algoritma khusus yang dibuat Netflix sendiri yang dapat menyesuaikan otomatis, daripada pengaturan manual yang justru akan membingungkan penggunannya.

Fitur terbaru in masih dalam versi Beta dan belum dapat dinikmati oleh semua orang. Kita hanya kan memperoleh versi terbaru Netflix jika bergabung dengan Netflix Play Store beta. Menonton satu episode TV di Netflix akan menghabiskan ratusan Megabyte data internet, dan dengan fitur ini akan mengurangi jumlah konsumsi data tersebut.

Netflix data saver

Baca juga: Video Streaming Tribe dari XL Saingi Netflix dengan Tarif Lebih Terjangkau

Beberapa pengguna yang mencoba fitur ini di versi terbaru netflix fitur penghemat data ini akan secara otomatis medeteksi apakah menggunakan WiFi atau koneksi seluler. Jika menggunakan koneksi seluler maka fitur Netflix akan otomatis menawarkan fitur penghemat bandwidth. Bahkan menurut penggunanya, Netflix klien juga menambahkan dukungan terhadap pembayaran Google Play Biling dengan harga yang muncul dari Play Store nya langsung.