ArenaLTE.com – Musim liburan selalu menjadi momen emas bagi vendor ponsel untuk memasarkan produknya. Umumnya permintaan akan smartphone baru meningkat seiring daya beli atau dorongan untuk memiliki yang juga terdorong oleh tren keinginan pasar. Seperti dibuktikan oleh Firma analisis Flurry Insight milik Yahoo mengumumkan angka aktivasi iPhone mencapai 49,1 persen selama musim liburan tahun ini. Namun, angka ini lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya, dengan aktivitasi mencapai 51,3 persen.

Persentase penjualan iPhone 6s Plus dan iPhone 6 Plus, diketahui menyumbang 12 persen dari aktivasi iPhone selama pekan Natal tahun ini. Sedangkan instalasi aplikasi naik 120 persen pada hari Natal, dimana data Flurry tersebut dikumpulkan dengan melacak 780.000 aplikasi yang diinstal selama seminggu menjelang liburan Natal.

Sementara itu, Samsung mengekor Apple dengan pencapaian aktivasi perangkat sebesar 19,8 persen, meningkat dibandingkan pencapaian tahun lalu, yaitu sebesar 17,7 persen. Flurry Insight menyebut perangkat kelas menengah Samsung, seperti Galaxy Prime dan Core Prime, menjadi penyumbang jumlah aktivasi terbesar dari total pencapaiannya tahun ini.

Perangkat Apple jauh lebih banyak dibeli dan dijadikan rekomendasi kado Natal serta hadiah Tahun Baru di musim liburan ini. Aktivasi iPhone lebih banyak daripada produk buatan pesaingnya, Samsung. Presentase itu dibuat dalam kurun waktu 1 minggu mulai 19 Desember hingga 25 Desember.
Baca: Inspirasi 6 Gadget Terbaik untuk Kado Natal 2015

Justru yang mendapat tekanan adalah Nokia. Pada musim liburan Natal dan tahun baru 2015 ini, angka penjualan perangkat baru Nokia turun dari 5,8 persen menjadi 2 persen. Masih cukup baik menempatkan Nokia di tempat ketiga, dimana LG malah sebatas menunjukkan angka penjualan 1,7 persen. Sementara itu, Xiaomi menempati posisi kelima dengan penjualan perangkat baru hanya 1,5 persen. Tapi perlu dicatat, laporan ini berdasarkan survei yang dilakukan di wilayah AS saja.