ArenaLTE.com – Sesuai perubahan jaman, bila dua atau tiga tahun lalu modul perangkat M2M (Machine to Machine) masih memakai jaringan 2G/3G, maka pelan tapi pasti tren akan berubah seiring fokus pengembangan layanan operator seluler yang terkonsentrasi di 4G LTE (Long Term Evolution). Sehingga permintaan M2M 4G LTE pun bakal kian meningkat.

Dalam sebuah laporan penelitian dari Technavio yang berjudul ‘Global Mobile M2M Module Market 2016-2020,’ dijelaskan analisis mendalam dari pasar yang muncul dari tren pasar. Laporan tersebut telah dipertimbangkan berdasarkan penjualan tahunan modul M2M mobile.

Dari analisis tersebut diketahui tingkat pertumbuhan pasar modul M2M mencapai 66 persen sampai tahun 2020. Dikutip dari Businesswire.com, dalam laporannya Technavion mengelompakan pasar modul M2M ke segmen 2G, 3G, dan 4G LTE.

Modul M2M 2G

Teknologi 2G memang kedengarannya lawas, tapi untuk adopsi modul M2M pasarnya masih ada. Modul M2M 2G disukai lantaran jangkauan jaringan yang tinggi, dan beberapa operator masih ada yang memperluas 2G bersama dengan standar EC-GSM.

Sampai tahun 2015 lalu, pengiriman modul M2M diperkirakan telah mencapai 50 juta unit, dan prediksi Technavion akan bertambah 54 juta unit paa tahun 2020. Pertumbuhan per tahunnya hanya 2 persen.

Modul M2M 3G

Karena menawarkan kecepatan data lebih baik dari 2G, pasar modul M2M 3G jauh lebih besar, meski dari pengapalan lebih kecil, sampai tahun 2015 jumlah yang dikirimkan 44 juta unit. Namun pada tahun 2020 prediksi akan ada pengapalan sampai 168 juta unit dengan pertumbuhan per tahun 31 persen.

Permintaan modul 3G paling tinggi ada di Amerika Utara dan Eropa Barat. Namun, permintaan untuk modul 3G juga meningkat di negara-negara di APAC seperti Cina, Jepang, dan Korea Selatan karena kenaikan penggunaan modul 3G untuk aplikasi M2M.

m2mModul M2M 4G LTE

Karena layanan 4G LTE baru komersial pada tahun 2012, maka sampai tahun 2015 baru 7 juta modul M2M 4G LTE yang dikirimkan. Dan prediksi pada tahun 2020 akan ada pengapalan 87 juta unit dengan pertumbunan per tahun paling besar, 66 persen. Pasar untuk modul LTE diperkirakan akan tumbuh pesat selama periode perluasan dan upgrade jaringan operator. LTE memberikan high-bandwidth dan kecepatan tinggi untuk transfer data pada aplikasi M2M.

Sebagian besar aplikasi M2M 4G LTE ada di sektor otomotif dan energi, yang membutuhkan bandwidth tinggi dan kecepatan tinggi untuk fungsi efisiensi. Selanjutnya, kenaikan implementasi aplikasi M2M antara perusahaan membutuhkan transfer real-time data dan informasi antara perangkat M2M. Oleh karena itu, perusahaan semakin mengadopsi modul LTE. Selain itu, penyebaran cepat dari jaringan LTE di seluruh dunia telah meningkatkan pengiriman modul LTE di negara-negara berkembang.

Dalam laporannya, Tehnavio telah melakukan riset di vendor-vendor utama pengembang modul M2M, seperti Gemalto,Huawei, Sierra Wireless dan Telit Communications.