ArenaLTE.com – Investasi, dana atau modal kerap menjadi kendala buat kalangan usaha kecil dan menengah (UKM) atau startup saat ingin berkembang. Tapi di tengah kesulitan yang menghantui, PT Mitra Usaha Indonesia Grup muncul dengan solusi menarik bernama Modalku. Mempertemukan langsung antara pemodal dan peminjam melalui sarana praktis berbasis teknologi digital.

Sudah bukan rahasia jika meminjam modal kepada pihak perbankan bukanlah hal mudah, khususnya buat UKM. Meski usahanya tergolong aman dan menguntungkan namun banyak kendala yang membuat para pengusaha kalangan UKM sulit mendapat kucuran modal dari bank. Nah, Modalku hadir sebagai penyedia platform alternatif pinjaman modal usaha bagi UKM melalui pinjam meminjam langsung (peer-to-peer lending).

Menurut Reynold Wijaya, Cheif Executive dan Co-founder Modalku dalam ajang peluncuran Modalku di Jakarta (13/1/2016), layanan yang dikembangkan merupakan sebuah platform, tempat berkumpulnya para peminjam dan pemberi modal. “Ini adalah platform atau market place pinjam meminjam langsung (peer-to-peer lending) pertama di Indonesia,” ujarnya.

“Melalui pendekatan teknologi yang kami miliki, kami sangat serius dalam mendedikasikan waktu untuk mendorong akses bagi UKUM untuk memenuhi kebutuhan pinjaman modal usaha, sebagai bagian dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Platform Modalku mampu memberikan suku bunga bersaing dan layanan cepat, prima serta mudah diakses melalui new age screening dan underwriting,” imbuh Reynold.

Modalkua memberikan solusi buat pada investor atau pemodal agar mereka mendapatkan saran investasi yang aman dengan resiko rendah, serta mampu memberi benefit lebih dari 12% pertahun. Modalku sangat terjangkau bagi para pemodal kelas menengah.

“Untuk menjadi investor, mereka cukup memiliki deposit minimal 10 juta. Nanti mereka bebas memberi investasi ke UKM mana saja sesuai yang diinginkan. Modalku sendiri hanya bertindak sebagai fasilitator,” ujar Reynold.

Di sisi lain, para peminjam seperti kalangan UKM atau startup yang membutuhkan dana bisa melakukan pinjaman dana mulai dari 1 juta hingga 500 juta.