ArenaLTE.com – Menyadari pentingnya sistem belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan bagaimana teknologi dapat membantu proses belajar, merupakan sebuah tantangan dunia pendidikan. Ada  cara tepat yang dapat dilakukan untuk mencapai hal tersebut, yakni dengan mencoba sistem di Minecraft: Education Edition.

Beberapa tahun belakangan ini Microsoft telah menyebutkan mengenai peluang Minecraft berperan dalam dunia pendidikan. Minecraft adalah permainan sandbox yang dapat menghancurkan atau menempatkan blok untuk membangun apapun yang kita inginkan sesuai kreatifitas dan imajinasi kita sendiri. Sejatinya, sistem ini untuk meningkatkan kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah.

Dengan menciptakan dunia virtual dan mempelajarinya lebih dalam, para siswa dapat menambah kecakapan mereka dalam digital citizenship, empati, kemampuan bersosialisasi dan bahkan meningkatkan pemahaman — seraya secara langsung mendapatkan masukan terhadap kemampuan mereka menyelesaikan masalah dari gurunya.

Sebagai contoh, siswa di Alfriston College di New Zealand bekerjasama dengan Auckland War Memorial Museum untuk mempelajari sejarah orang-orang New Zealand yang terlibat dalam kampanye Galipoli tahun 1915 dengan menciptakan lanskap di dunia virtual Minecraft, blok per blok.

Melalui Minecraft pula, para siswa sekolah dasar di Skotlandia belajar tentang perencanaan dan pembangunan kota dengan mencitrakan kembali, mendesain dan kemudian membangun secara virtual kota pesisir Dundee menjadi lebih ideal.

Melihat manfaat yang bisa didapatkan siswa dari Minecraft di ruang kelas, Microsoft dengan gembira mengumumkan bahwa Microsoft mengakuisisi MinecraftEdu dan berinvestasi dalam pembaharuan dan perluasan versi Minecraft untuk ruang kelas yang disebut Minecraft: Education Edition.

Menurut Anthony Salcito, Vice President, Worldwide Education, Microsoft, versi baru Minecraft ini akan menawarkan perluasan fitur untuk memberdayakan para tenaga pengajar dalam meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan para siswanya.

“Salah satu hal yang menyebabkan Minecraft sangat cocok dalam membantu proses belajar di dalam kelas adalah karena wadah bermain kreatif ini sudah dikenal umum,” ujar Vu Bui, Chief Operating Officer Mojang, dalam keterangan resminya.

lanjutnya mengungkapkan,“Kami telah menyaksikan Minecraft mampu melampaui perbedaan dalam pengajaran, gaya belajar dan sistem pendidikan di seluruh dunia. Minecraft adalah ruang terbuka yang dapat dikunjungi bersama untuk belajar lebih jauh hampir tentang apapun,” jelas Vu Bui.

Minecraft: Education Edition akan didukung oleh komunitas tenaga pengajar termasuk komunitas tenaga pengajar online di http://education.minecraft.net Situs tersebut juga akan mendukung program baru yang disebut Minecraft Mentors,  yaitu sebuah program yang mempertemukan tenaga pengajar yang sudah berpengalaman menggunakan Minecraft di ruang kelas dengan mereka yang baru pertama kali mencobanya.