ArenaLTE.com – Telstra, operator seluler asal Negeri Kangguru dikabarkan telah meluncurkan perangkat pertama di dunia yang berkemampuan LTE-A (Advanced) kategori 11 dengan kecepatan 600 Mbps. Perangkat yang digunakan adalah MiFi LTE Advanced Cat 11, sebuah mobile WiFi hotspot berteknologi 4G LTE Advanced hasil kerjasama antara Netgear, Ericsson dan Qualcomm.

Dikutip dari Telecomasia.net, pihak Telstra menyebut perangkat dengan kualifikasi MiFi LTE Advanced ini sanggup meng-handle koneksi internet ke 15 perangkat lain secara simultan. MiFi LTE Advanced keluaran Telstra ini disebut-sebut juga punya kemampuan seamless, artinya bisa terjadi perpindahan yang mulus dari jaringan LTE-A ke jaringan LTE reguler maupun ke jaringan 3G dimana belum tersedia cakupan layanan LTE-A.
Baca: Country Director Qualcomm Indonesia: Benarkah Kita Perlu 4G LTE?

Menurut informasi, MiFi LTE Advanced Telstra disokong baterai yang punya waktu siaga hingga 260 jam dan waktu koneksi terus menerus selama 11 jam. Sebagai otak dari kecanggihan modem adalah chipset Qualcomm Snapdragon X12 LTE modem, ditambah dukungan teknologi LTE-A carrier aggregation dari Ericsson dan wireless adapter dari Netgear AirCard.

Dengan peluncuran ini, Telstra mengukuhkan sebagai operator selular terdepan di Australia. Sebelum ini, Telstra juga telah meluncurkan perangkat MiFi di LTE-A kategori 9 untuk level kecepatan koneksi 450 Mbps. Dalam pengembangan kedepan, Telstra tengah berkonsentrasi menggelar LTE-A kategori 11 di wilayah sibuk CBD (Central Business District) Sydney, kemudian berlanjut ke Melbourne, Brisbane, dan Canberra.

Tak ingin ketinggalan dari Telstra, operator lain di Australia seperti Optus dan Vodafone juga tengah mempersiapkan peluncuran layanan LTE-A.

Di Indonesia, operator Smartfren juga telah meluncurkan perangkat modem MiFi LTE Advanced yang mendukung level kecepatan hingga 300 Mbps.
Baca: Smartfren Luncurkan MiFi Andromax M2S yang Mendukung 4G LTE Advance

Comments

  1. […] Sebelumnya pemerintahan Liberal di Negara Bagian Victoria telah mengumumkan kesepakatan untuk penyediaan coverage di jalur kereta metropolitan pada bulan Juni 2014. Menteri Transportasi Australia Jacinta Allen mengatakan, ”Kini telah berakhir era frustasi bagi penumpang kereta bawah tanah, percakapan tidak akan tiba-tiba putus saat memasuki terowongan.” Baca: MiFi LTE Advanced Cat 11 Pertama di Dunia Bisa Ngebut Hingga 600 Mbps […]