ArenaLTE.com – Lahirnya aplikasi karya anak bangsa dan para developer aplikasi dan games dari negeri sendiri terus ditumbuh kembangkan. Bahkan Presiden RI Joko Widodo secara langsung mengungkapkan keseriusannya mendukung lahirnya 1000 technopreneurs dan developers di Indonesia agar tidak tertinggal oleh negara lain.

Banyak cara bisa dilakukan untuk melahirkan sebuah startup aplikasi karya anak bangsa, salah satunya yaitu mengikuti kompetisi teknologi. Microsoft terbilang cukup konsisten dalam mengembangkan technopreneur bukan hanya di Indonesia namun juga skala global, baru-baru ini Microsoft kembali menghadirkan ajang inovasi teknologi Imagine Cup 2016 di Indonesia.

Imagine Cup ini merupakan sebuah kompetisi teknologi berskala global yang ditujukan bagi para pelajar dan mahasiswa berbakat di seluruh dunia untuk menciptakan dan mengembangkan berbagai aplikasi inovatif dari tiga kategori: World Citizenship, Innovation dan Games.

Bertempat di kantor Microsoft Indonesia, putaran semifinal Imagine Cup 2016 baru saja selesai diselenggarakan pada 12 Maret 2016 dengan diikuti oleh 18 tim dari berbagai daerah seperti Madura, Manado, hingga Inggris. Hal ini menjadikan Imagine Cup 2016 sebagai kompetisi dengan peserta paling beragam sepanjang sejarah Imagine Cup di Indonesia, sekaligus menjadi tahun pertama Imagine Cup menggunakan Skype sebagai fasilitas presentasi peserta yang berasal dari Inggris.

aplikasi karya anak bangsa imagine cup microsoftSebanyak 9 peserta dari babak semifinal mampu memikat perhatian para juri melalui aplikasi karya anak bangsa terbaik mereka dan berhasil maju ke babak final yang akan diadakan pada tanggal 6 April 2016 mendatang. Tiga tim yang menjadi pemenang babak final tingkat nasional Imagine Cup 2016 berhak mewakili Indonesia di tahap world semi-final dan memperebutkan tiket ke Seattle untuk mengikuti tahap world final.

Perkembangan Imagine Cup 2016 di Indonesia begitu terasa. Tahun ini Imagine Cup memperoleh angka video submission terbesar sejak tahun 2013 dimana sebanyak 118 video terkumpul pada tahap seleksi awal tingkat nasional, dengan 46 proyek mewakili kategori Games, 29 proyek mewakili kategori Innovation dan 43 proyek mewakili kategori World Citizenship.

Dalam rangka mendukung para developer muda dalam berinovasi menciptakan aplikasi karya anak bangsa serta sebagai bentuk upaya pengembangan jiwa kewirausahaan para peserta, Bank Mandiri turut mengambil bagian dalam Imagine Cup 2016. Melalui kerjasama dengan Bank Mandiri, finalis dari kompetisi Wirausaha Muda Mandiri 2016 kategori digital mendapatkan kesempatan untuk mengikuti semifinal Imagine Cup 2016.

Berikut ini daftar  9 tim telah berhasil maju ke babak final:

Kategori World Citizenship

  • Tim Garuda45 (King’s College London, University College London, University of Edinburgh) dengan proyek TB DeCare
  • Tim Proclub studio (Telkom University – Bandung) dengan proyek Mobile Posyandu
  • Tim TaniHub (BINUS Internasional – Jakarta) dengan proyek TaniHub

Kategori Innovation

  • Tim BatuBuah (Telkom University – Bandung) dengan proyek EZMarker
  • Tim Hoome Studio (Institut Teknologi Bandung, Telkom University – Bandung) dengan proyek Hoome
  • Tim IMS (Universitas Komputer Indonesia – Bandung) dengan proyek IMS+ (Infusion Monitoring System)

Kategori Games

  • Tim None Developers (Universitas Trunojoyo Madura – Bangkalan) dengan game Froggy and the Pesticide
  • Tim Reversi (Institut Teknologi Sepuluh Nopember – Surabaya) dengan game MonsterMath
  • Tim Rubic Studio (Universitas Trunojoyo Madura – Bangkalan) dengan game Flip the Cat