ArenaLTE.com – Bagi Anda yang sering melakukan transaksi bisnis online ke luar negeri khususnya Tiongkok, solusi baru ini menarik untuk dicoba. Platform pembayaran elektronik DOKU meresmikan kerjasama bisnis dengan dengan PayEase, penyedia layanan pembayaran dari Tiongkok.

Melalui kerja sama ini merchant-merchant yang terkoneksi dengan DOKU akan dapat menerima pembayaran China UnionPay (CUP) dari konsumen Tiongkok. DOKU mengklaim menjadi penyedia layanan pembayaran online non-perbankan pertama di Indonesia yang menfasilitasi pembayaran China UnionPay bagi merchantnya.

Selain itu merchant DOKU juga dapat memasarkan produk maupun jasa di dua portal yang dimiliki PayEase, yaitu SilkRoad Trade Ease (untuk produk) dan Travel Ease (untuk jasa yang berhubungan dengan pariwisata). 

Nabilah Alsagoff, Chief Operating Officer DOKU mengatakan kerja sama ini dapat semakin membuka jalan bagi merchant DOKU untuk memperluas pangsa pasarnya serta mendorong pertumbuhan bisnis online mereka.

Potensi Besar

Potensi pasar eCommerce Tiongkok memang sangat menjanjikan. Beberapa riset mencatat penetrasi eCommerce di Tiongkok mencapai 89% di kota-kota Tier 1 dan 2, sedangkan di kota-kota Tier 3 dan 4 mencapai 62%. Online shopper yang tinggal di kota-kota Tier 3 dan 4 sendiri mencapai 257 juta jiwa. Secara keseluruhan pertumbuhan konsumsi pribadi konsumen (private consumption) Tiongkok diprediksi akan mencapai 42% dalam kurun waktu empat tahun mendatang.

Dari sisi pariwisata, pulau Dewata juga masih menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan dari Tiongkok. Jumlah arus wisatawan selama Januari-April 2016 mengalami peningkatan sebesar 30% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Doku-PayEase-ChinaPada kesempatan yang sama Kevin Yim, Executive Vice President, PayEase berkomentar bahwa kerja sama ini memberikan kenyamanan bagi konsumen Tiongkok ketika mereka ingin berbelanja online di merchant-merchant B2C dan B2B di Indonesia. Selain itu juga akan mendatangkan keberagaman bisnis bagi merchant DOKU yang memasarkan produk serta layanan mereka dengan menggunakan solusi pembayaran eCommerce lintas negara (Tiongkok-Indonesia).

Menurut Kevin, kolaborasi berharga ini akan menciptakan manfaat bersama bagi 1.3 miliar populasi Tiongkok dan 250 juta masyarakat Indonesia, yang tercatat memiliki perputaran perdagangan lebih dari USD 42 miliar pada tahun 2015 (untuk komoditas Indonesia seperti kopi, ketela dan produk 3C (Computer, Communication, Consumer Electronics). “Sehingga kami dapat memberikan nilai ‘Internet+’ dan eCommerce lintas negara, untuk mewujudkan perputaran eCommerce Tiongkok-Indonesia yang lebih tinggi lagi melalui inisiatif belt & road Tiongkok, ujar Kevin.   

Sebagai informasi, di Indonesia layanan pembayaran online DOKU telah digunakan oleh 20.000+ merchant mulai dari segmen korporat, UKM, start-up dan online seller perorangan. DOKU juga melayani merchant-merchant internasional dari beberapa negara tetangga seperti Papua Nugini dan negara-negara di kepulauan Pasifik. Selain itu, DOKU juga memiliki dompet elektronik yang dapat diakses via web dan diunduh langsung di Google Play Store.