Tips Dan Trik Menganalisa Website Usaha

ArenaLTE.com - Ketika kita menjalankan sebuah usaha, tentu kita ingin bisa membaca pikiran pelanggan kita. Disadari atau tidak, sebenarnya memiliki sesuatu yang bisa digunakan untuk membaca pikiran konsumen dengan menganalisa website usaha yang kita miliki.

Penting bagi pelaku usaha untuk membuat pelanggan dan calon pelanggan mengunjungi websitekita, hal ini menjadi jalan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai usaha yang kita lakukan.

Melalui nalisa kunjungan pelanggan ke website, para pelaku usaha dan UKM dapat mengetahui dan memahami perilaku para pelanggan, sehingga mereka dapat memberikan layanan lebih baik dan membuat strategi pemasaran yang efektif. Untuk memahami perilaku pelanggan di website, dibutuhkan analytic tool.

Namun, apa sebenarnya manfaat menggunakan analytic tool ini bagi bisnis, terutama bagi pelaku usaha dan UKM? Verisign salah satu pemimpin global dalam nama domain dan keamanan Internet mengungkapkan beberapa keuntungan menggunakan analytic tool.

Mengetahui Dari Mana Trafik Berasal

Hal paling penting yang perlu kita ketahui adalah dari mana trafik website berasal. Dengan melakukan analitik, kita dapat mengetahui bagaimana pengunjung bisa sampai ke website. Kita dapat mengidentifikasi seberapa banyak rujukan yang didapat dari mesin pencari dan kata kunci apa yang sering digunakan untuk menemukan website kita.

Mengetahui sumber trafik website juga dapat membantu kita untuk lebih memahami berapa banyak pengunjung yang berhasil dijangkau melalui newsletter, email, dan media sosial. Kita bisa mengetahui postingan atau email mana yang mendapat respon terbanyak dan kapan waktu paling efektif untuk berkomunikasi dengan para pelanggan.

Mengetahui Hal Yang Diskaui dan Tidak Disukai Dari Website Usaha

Menganalisa website juga memungkinkan kita untuk mengidentifikasi halaman yang paling popular dan seberapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung di website, tapi juga bisa mengidentifikasi halaman “exit” atau halaman terakhir yang dikunjungi sebelum pengunjung memutuskan untuk meninggalkan website.

Hal ini sangat penting untuk diketahui mengingat semakin lama pelanggan menjelajah sebuah website, semakin besar peluang terjadinya transaksi bisnis. Mengetahui halaman mana yang mereka sukai dapat membantu menemukan cara untuk meningkatkan kualitas halaman tersebut, sehingga pengunjung semakin betah berselancar di website usaha kita.

Menganalisis Konversi dengan Penjualan

Mengetahui perbandingan antara jumlah pengunjung dan transaksi penjualan bisa menjadi bahan evaluasi seberapa signifikan peran website kita dalam mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Walaupun tujuan utama dari website kita bukan untuk penjualan, namun kita bisa menentukan strategi pemasaran yang efektif dan produk yang cocok untuk pelanggan dengan mengetahui seberapa besar konversi yang didapat. Tidak setiap halaman harus bisa dikonversi, namun mengetahui halaman website yang efektif bisa menjadi penentu apakah menuai kesuksesan atau kegagalan.

Bagaimana caranya menganalisa website usaha?
ilustrasi office 365


Kita bisa memulai dengan menggunakan analytic tool yang berbiaya rendah atau bahkan gratis seperti Google Analytics. Melalui layanan ini, kita bisa mendapatkan informasi berharga tentang seberapa banyak pengunjung yang datang ke website dalam periode tertentu, berapa banyak pengunjung mengklik link dalam website, berapa lama waktu yang mereka habiskan di website, dan lainnya.

Kita juga bisa mendapatkan data mengenai sumber trafik, kata kunci yang paling banyak mendorong trafik, dan trafik mana yang banyak menghasilkan konversi dan penjualan. Seluruh informasi ini akan menciptakan sebuah website usaha yang paling efektif. Dengan menganalisa website usaha juga akan membantu kita membuat strategi online yang efektif.

Leave a Comment