ArenaLTE.com – Entah apa yang ada dibenak para petinggi Apple saat mereka membuat sebuah tools aplikasi yang mempermudah pengguna iOS untuk berpindah ke OS kompetitir, Android. Padahal secara bisnis, Android dan iOS ibarat rival bebuyatan yang selalu bersaing di tingkat global.

Memang perlu diakui bahwa sebenarnya wajar adanya bila masing-masing OS harus menjaga ekskulisifitasnya agar pengguna tidak berpaling ke OS lain. Namun sayangnya, beragam rumor menerpa produsen Apple yang telah menerbitkan tools aplikasi, sehingga pengguna setianya bisa berpindah ke sistem operasi lain.

Dikutip dari laman situs ubergizmo.com, mengungkapkan bahwa Apple mendapat tekanan berat dari operator telekomunikasi di Eropa, pasalnya ada protes dari pelanggan iOS yang merasa kesulitan untuk memindahkan semua  data-datanya di iPhone ke platform lain, khususnya Android.

Salah satu hal yang menjadi penyebab kenapa pengguna iPhone jarang pindah keplatform lain adalah karena sulitnya memindahkan data mereka dari iPhone ke Android atau platform lainnya. Pihak operator menyebutkan, hal ini melemahkan posisi mereka saat mereka bernegoisasi dengan Apple.

Sampai saat ini Apple menolak untuk berkomentar atas hal ini. Di bulan September tahun lalu, Apple meluncurkan aplikasi Move to iOSyang bertujuan untuk memudahkan pengguna Android untuk pindah ke iOS.

Di bulan Oktober, CEO Apple Tim Cook berkata bahwa 30 persen pengguna iPhone baru datang dari pengguna Android. Saat ini, masih belum diketahui apakah operator telekomunikasi Eropa mengancam Apple untuk membawa masalah ini ke pengadilan.