ArenaLTE.com – Samsung lagi-lagi sukses mempertahankan posisi sebagai juaranya vendor smartphone. Perusahaan asal Korea Selatan mampu menjaga kepemimpinan mereka di Q4 dan sepanjang 2015. Untuk bisa duduk di singgasana teratas, market share Samsung melahap sekitar 21,4% pada kuartal terakhir tahun lalu.

Menurut data lembaga riset IDC, Samsung berhasil mengantarkan sekitar 85,6 juta smartphone ke pintu rumah konsumen pada Q4 2015. Angka tersebut mengalami peningkatan dari kuartal yang sama 2014 dimana sang vendor berhasil mengirimkan sekitar 75,1 juta unit. Market share Samsung hingga saat ini masih belum terkalahkan.

Di lain pihak, ada juga Apple yang menempati spot kedua dengan pengapalan sekitar 74,8 juta iPhone ke seluruh dunia. Perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs ini mengklaim sekitar 18,7% market share sepanjang Q4 2015. Nah, baru rombongan vendor asal Tiongkok menguntit di belakang. Mulai dari Huawei, Lenovo dan Xiaomi yang masing-masing mengakuisisi 8,1%, 5,1% dan 4,6%. Selebihnya yang tak masuk daftar terpaksa harus gigit jari karena kebagian kue sedikit saja.

Jika bicara tahun 2015 secara keseluruhan, tidak ada perubahan signifikan yang terjadi dalam ranking. Samsung masih menempati posisi pertama dengan penjualan 325 juta unit smartphone. Diikuti oleh Apple, Huawei, Lenovo dan Xiaomi yang berturut-turut mengapalkan sekitar 231,5 juta unit, 106,6 juta unit, 74 juta unit dan 70,8 juta unit.

Produsen smartphone asal Tiongkok kabarnya mengalami pertumbuhan year-on-year terkuat dalam jajaran lima besar tersebut. “Biasanya obrolan di pasar smartphone berkutat pada Samsung dan Apple, tapi Huawei memperlihatkan (pertumbuhan) kekuatan dalam laporan kuartalan dan tahunan. Huwei telah tumbuh menjadi brand internasional,” ujar Melissa Chau, Senior Research Manager with IDC’s Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.Total pengapalan smartphone secara global di 2015 mencapai 1,4 miliar atau meningkat 10,1% dibandingkan tahun 2014.