ArenaLTE.com – Banyak cara yang dilakukan sebuah perusahaan untuk memperkuat posisinya di industri, termasuk halnya dengan Youtube. Meski belum diketahui persis akan langkah yang diambil perusahaan video sharing ini, dalam melakukan akuisisi terhadap start-up BandPage. Namun, sinyal untuk perkuat bisnis perusahaan menjadi perbincangan hangat.

BandPage sendiri merupakan sebuah perusahaan startup yang sudah cukup lama berkembang. Perusahaan ini bergerak dalam pengembangan software atau pembangunan aplikasi, untuk para musisi dalam menjual ata mendistribusikan lagu buatannya di ranah media sosial.

Startup asal Amerika ini menngklaim, bahwa perusahaan telah melakukan kerja sama dengan lebih dari 500 ribu musisi di seluruh dunia. BandPage juga mengklaim telah melakukan pertemuan antara artis dengan para fansnya, secara langsung untuk mengenal hasil karya sang musisi lebih jauh. Demikian seperti dikutip dari laman The Verge.

Dalam laman juga disebutkan bahwa BandPage menghubungkan akun resmi para musisi, untuk terhubung dengan layanan pihak ketiga seperti Facebook, Spotify, dan AtubHub. Dari cara ini juga memungkinkan bagi para penggemar yang penuh loyalitas, untuk berjumpa langsung dengan artis tersebut di belakang panggung dan memberikan pengalaman baru dengannya.
Baca juga: YouTube Red, Sajian Premium Nonton Video Bebas Iklan

“Kami sangat gembira tentang hal ini, karena kami percaya Youtube benar-benar berbagi komitmen kamu untuk musisi,” jelas pihak BandPafe dalam sebuah postingan blog resminya.

“YouTube sudah menawarkan platform distribusi global kepada setiap artis untuk ditemukan dan beberapa alat self-publishing terbaik untuk musisi dan pencipta lainnya. Tim ini memiliki banyak hal yang direncanakan untuk membantu musisi sukses pada platformnya, dan akan lebih luas lagi dengan penambahan di seluruh jaringan BandPage,” tambah perusahaan.

Belum dijelaskan lebih jauh maksud dan tujuan, akuisisi yang dilakukan Youtube terhadap BandPage. Namun beberapa kalangan menyebutkan bahwa langkah tersebut diambil perusahaan, untuk memperkuat bisnisnya di industri musik online. Youtube juga dikabarkan akan menggunakannya untuk penambahan fitur baru, terutama bagi pelanggan berbayar mereka.

Youtube sendiri cukup diuntungkan dengan kehadiran musik yang ada dalam lamannya, dalam catatan perusahaan terlihat bahwa musik memiliki porsi yang cukup besar. Ada 30 video yang selalu dilihat para pengguna dalam satu entri yang dilakukan berusahaan.