ArenaLTE.com – Platform transportasi online asal Malaysia, Grab, menjalin kerjasama dengan Bank Mandiri untuk sistem pembayaran. Mereka mengintegrasikan layanan mandiri e-cash ke dalam aplikasi serta layanan Grab, baik yang digunakan oleh penumpang maupun mitra pengemudi.

Kerjasama ini disebut untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dalam bertransaksi. Sekaligus memudahkan mitra pengemudi dalam pekerjaan mereka maupun pencairan dana sehingga dapat semakin produktif.

Melalui kerjasama tersebut, kini para penumpang Grab dapat membayar biaya perjalanan dengan memanfaatkan mandiri e-cash langsung dari aplikasi Grab. Penumpang Grab tidak perlu memiliki rekening bank untuk dapat menikmati layanan uang elektronik dari Bank Mandiri tersebut.

Sedangkan bagi mitra pengemudi Grab akan dapat memanfaatkan akun mandiri e-cash pada aplikasi Grab untuk menambah (top-up) kredit Grab dengan lebih mudah dan cepat sehingga dapat mendukung mitra pengemudi dalam pekerjaan mereka.

Selain itu, integrasi yang didukung oleh PT Digital Artha Media sebagai penyedia sistem ini juga memungkinkan mitra pengemudi Grab memindahkan saldo tunainya kedalam akun mandiri e-cash dan selanjutnya dapat menarik tunai dana tersebut di semua jaringan ATM Mandiri hanya dengan menggunakan ponsel-nya dari akun e-cash Mandiri.

mandiri-grabMenurut Rico Usthavia Frans, Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri, kedua entitas ini akan langsung memulai proses integrasi mandiri e-cash pada aplikasi dan layanan Grab khusus bagi pengguna ponsel pintar berbasis Android, dan selanjutnya akan diimplementasikan pada platform iOS.

Langkah ini, Rico menambahkan, sejalan dengan strategi perseroan untuk menyukseskan Gerakan Nasional Non Tunai bersama dengan mitra yang memiliki basis konsumen yang luas dengan potensi bisnis yang besar.

“Dengan model bisnis yang tengah dikembangkan ini, Grab akan memiliki banyak inovasi layanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat dengan mudah dan murah. Nah, mandiri e-cash akan dapat mendukung Grab dalam menciptakan inovasi-inovasi layanan tersebut,” tutur Rico.

Mandiri e-cash sendiri merupakan aplikasi uang elektronik yang berbasis server yang dapat diunduh melalui akses *141*6# atau di Google Play, App Store, Blackberry App World, Aplikasi ini menggabungkan layanan perbankan dengan layanan telekomunikasi yang dapat digunakan masyarakat, baik nasabah maupun bukan nasabah Bank Mandiri. Pada aplikasi ini, nomor telepon seluler pengguna menjadi nomor rekening mandiri e-cash.

Hingga Juni 2016, tercatat lebih dari 1,3juta pengguna mandirie-cash dengan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp 665miliar.

Sementara Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia,  mengatakan bahwa kolaborasi ini akan menguntungkan Grab karena dapat menjadi awal dari kemitraan jangka panjang dengan Bank Mandiri.

“Dengan teknologi yang mumpuni dan jaringan yang luas, kami percaya bahwa integrasi mandiri e-cash akan menjadi tahapan baru bagi Grab dalam memberikan layanan yang lebih aman, terpercaya dan nyaman, baik bagi penumpang maupun mitra pengemudi,” tutur Ridzki.