LTE Advanced Carrier Agregation Lima Frekuensi, Raih Kecepatan 1 Gbps

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com - Ericsson hari ini mengumumkan ujicoba yang pertama kali dilakukan di dunia untuk kecepatan internet hingga 1 Gbps (Gigabyte per second) menggunakan LTE Advanced Carrier Agregation di lima jaringan mobile frekuensi. Kecepatan downlink hingga lebih dari 950 mbps ini dicapai dengan menggunakan aplikasi speed test yang menggabungkan 100 Mhz spektum yang dimiliki oleh operator Telstra.

Bahkan ketika melakukan tes kecepatan menggunakan Speedtest.net, ujicoba ini berhasil menyentuh kecepatan downlink lebih dari 834 Mbps. Pencapaian akses internet hingga 1 Gbps menggunakan LTE Advanced Carrier Agregation di jaringan LTE ini merupakan standar LTE baru dan menjadi tonggak penting dalam evolusi jaringan LTE Advanced.

Dalam uji coba yang dilakukan, kecepatan donwlink hingga 1 Gbps diperoleh dengan melakukan Carrier Aggregation spektrum 100 Mhz milik Telstra di frekuensi 700 MHz, 1800 MHz, 2100 MHz dan 2600 MHz (2 x 20 MHz) bands yang dikirimkan keperangkat mobile Cobham Aeroflex TM500.
Baca juga: Zero Site Ericsson, Solusi Jangkau Daerah Terpencil Indonesia

LTE Advanced Carrier AgregationSeperti yang dilansir 4G portal, Per Narvinger, Head of LTE Ericsson mengungkapkan bahwa dengan meningkatnya inovasi perangkat dan aplikasi industri dalam kecepatan yang sangat tinggi menjadikan pengguna semakin berharap akan tersedianya layanan jaringan dengan performa dan coverage yang berkualitas. Sehingga pengguna dapat menggunakan aplikasi mereka kapan saja, di mana saja. Mengaktifkan kemampuan teknologi jaringan baru yang semakin canggih membuat operator mampu menawarkan kinerja jaringan yang solid dan aman.

Kemampuan Carrier Agregation LTE Advanced ini memungkinkan operator untuk menggabungkan spektrum di band yang berbeda, juga memungkinkan penggunaan spektrum yang lebih efisien untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada pelanggan di seluruh jaringan LTE yang ada.

Kerjasama Telstra dan Ericsson ini bukan yang pertama kali dalam menentukan standar LTE Advanced yang fokus pada peningkatan kapasitas jaringan dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna smartphone. Saat ini dengan perangkat smartphone yang sesuai, pelanggan Telstra sejak Februari lalu dapat mengakses kecepatan internet hingga 450 Mbps dan dilanjutkan sejak September lalu akses kecepatan internet hingga 600 Mbps pada mobile hotspot di area tertentu yang sudah dicover layanan 4G LTE.

Leave a Comment