ArenaLTE.com – Saat ini tingkat kecepatan koneksi internet retail di Korea Selatan merupakan yang tercepat di dunia. Tak cuma itu, Negeri Ginseng ini juga merupakan negara pertama yang memanfaatkan teknologi jaringan LTE-Advanced atau LTE-A Cat 6, untuk memungkinkan para pengguna perangkat mobile melakukan download hingga kecepatan maksimal 300 Mbps.

Para pelaku industri teknologi komunikasi di Korea Selatan tampaknya tak mau berhenti sampai di situ saja, karena mereka ingin meraih sebuah pencapaian yang lebih jauh lagi. Dua taipan industri di Korea Selatan, yakni Samsung dan operator seluler SK Telecom mengumumkan bahwa mereka siap bekerjasama untuk mengembangkan sebuah teknologi mobile streaming yang lebih cepat, bahkan mendekati realtime.

SK Telecom dam Samsung telah memanfaatkan teknologi transfer media MPEG next generation untuk mengembangkan apa yang mereka sebut sebagai “True Real Time Mobile Streaming.” Senior VP sekaligus kepala divisi riset dan pengembangan SK Telecom mengatakan kalau teknologi ini bakal menjadi solusi dari berbagai masalah teknis dalam penyediaan layanan video streaming berkualitas tinggi secara live yang bebas dari masalah lag di jaringan mobile.

Saat ini teknologi streaming untuk perangkat mobile masih memiliki jeda sekitar 15 detik ketimbang teknologi pemancar televisi model lama (IPTV). Lewat teknologi ini, durasi waktu latensi bisa dipangkas hingga 20 persen. Dalam sejumlah proses ujicoba yang dilakukan, Samsung dan SK Telecom mencatat bahwa jeda waktu streaming bisa ditekan hingga menjadi 3 detik saja untuk streaming lewat jaringan LTE. Kedua perusahaan tersebut nantinya juga berencana untuk menjadikan teknologi mereka sebagai sebuah standar baru di tingkatan global dengan memanfaatkan bantuan dari asosiasi terkemuka seperti Moving Picture Experts Group dan 3rd Generation Partnership Project.

Di Indonesia, LTE-A Cat 6 juga sudah dikenal, yakni lewat layanan data Bolt. Untuk bisa menikmati layanan dengan standar LTE-A Cat 6, pengguna Bolt harus memakai smartphone jenis Samsung Galaxy Note 5, dan Samsung Galaxy S6 edge+ yang saat ini sudah beredar di Indonesia. Dengan spektrum 2,3 Ghz, layanan data Bolt ini dapat menghantarkan kecepatan koneksi hingga 200 Mbps.