ArenaLTE.com – Sebagai pelopor layanan Live Video Streaming di jejaring sosial media, Periscope milik Twitter terus memperbaharui fitur untuk memanjakan penggunanya. Saat ini Periscope telah tersedia dalam versi Android maupun iOS yang dapat diunduh melalui Google Play dan App Store. Respon pengguna terbilang cukup bagus. Mulai banyak yang memanfaatkan Live Video Streaming Lewat Periscope untuk menggelar siaran langsung secara instant dari smartphone.

Layanan yang semakin populer berkat kehadiran akes internet cepat 4G LTE ini memiliki berjuta tayangan langsung Live Video Streaming Lewat Periscope dan tayangan ulang (replay) di Periscope setiap harinya. Baru-baru ini, Twitter mengumumkan perubahan pada tampilan dan fitur penemuan pada Periscope.

Fitur baru yang ditambahkan termasuk “Highlights,” yang secara otomatis menyajikan momen paling menarik dari berbagai siaran; “Watch Tab” dan “Global Feed” yang memutar siaran ulang secara otomatis; serta kemampuan untuk dapat menikmati Live Video Streaming Lewat Periscope yang ada di Tweet di Twitter secara langsung (auto play). Ketiga fitur baru ini untuk memudahkan kita dalam mencari dan menonton tayangan yang diinginkan.

Highlights
“Highlights” adalah fitur baru yang secara otomatis menghasilkan sebuah trailer pendek untuk setiap siaran Periscope. Pengguna dapat menonton pemutaran bagian utama dari siaran di bagian home feed dari hari sebelumnya atau Highlights dari siaran Periscope dari pencarian dengan menggunakan kata kunci atau tagar tertentu. Dengan menekan sebuah tombol baru, “Play Highlights,” di menu pilihan “Watch,” hasil pencarian, dan profil; kita akan diantar ke trailer yang menyoroti momen penting dari berbagai siaran ulang tersebut.

Live Video Streaming Lewat PeriscopeLive Video Streaming Lewat Periscope di Tweet yang Disematkan
Banyak momen penting hadir pertama kali di Twitter dan Periscope; seperti berita terbaru mengenai #NoBillNoBreak, unjuk rasa, hingga pertandingan olahraga seperti Wimbledon dan MLB. Dengan tambahan fitur sematan, siaran Periscope dapat disaksikan secara langsung di situs manapun dengan menyematkan Tweet yang memiliki tautan ke Periscope. Kita juga dapat menikmati siaran Periscope secara langsung melalui Tweet di Twitter. Untuk menemukan tayangan Periscope yang ingin disematkan, kita dapat menggunakan #Periscope dan kata kunci lainnya di Twitter.

Fitur Auto-Play di Siaran Periscope di Perangkat Android
Selain fitur siaran ulang, Twitter juga akan membuat siaran langsung menjadi lebih menarik di Periscope. Live Video Streaming langsung di Twitter akan dimulai secara otomatis (auto play) dalam pilihan “Watch” dan “Global Feed” tanpa suara, sehingga kita dapat segera mengetahui apa yang terjadi di dunia saat membuka Periscope. Apabila menemukan siaran yang menarik, kita  hanya perlu menekan siaran tersebut untuk mendapatkan pengalaman menonton secara langsung. Dari tayangan tersebut, kita juga dapat mengirimkan tanda hati, menyaksikan siaran ulang sampai selesai, serta menggeser pilihan ke tayangan sebelumnya dan selanjutnya.

Penjelasan lebih detail tentang ketiga fitur baru ini juga dapat disaksikan melalui siaran Periscope berikut berikut.