ArenaLTE.com Update status, sharing video dan baca berita di Facebook udah biasa. Yang terbaru sekarang kita bisa live streaming video di Facebook menggunakan akun yang kita miliki. Ketika akses internet semakin cepat, apalagi layanan 4G LTE sudah bisa dinikmati sehingga bisa mengakses konten multimedia yang lebih komplit lagi. Tidak hanya sekadar teks, gambar saja namun file video sudah bisa dinikmati dengan lancar. Bahkan konten video yang disiarkan secara langsung sudah bisa kita lakukan dan kita akses melalui sosial media paling populer di dunia dengan layanan Facebook Live Streaming.

Live streaming memang sedang populer beberapa tahun terakhir, namun popularitasnya semakin meningkat sejak kemudahannya diakses melalui smartphone menggunakan aplikasi seperti Meerkat dan Periscope. Tidak mau ketinggalan tren, Facebook pun ikut terjun ke layanan live streaming video ini.

Seperti yang dilansir oleh Vadim Lavrusik, Product Manager Facebook melalui blog resmi Facebook, sebenarnya layanan live streaming video di Facebook Live sudah mulai di uji coba sejak Desember lalu. Layanan ini memungkinkan pengguna Facebook melakukan sharing live streaming video di Facebook dan berbagai momen secara langsung kepada keluarga, teman dan rekannya.

Facebook Live StreamingCara Menggunakan Live Streaming Video di Facebook

Untuk melakukan Live streaming video di Facebook, caranya sangat mudah. Cukup pilih menu “update status” seperti biasa, lalu kita akan melihat sebuah icon baru “Live Video”. Kita bisa menuliskan beberapa kalimat yang mendeskripsikan video streaming yang kita lakukan tersebut dan memilih audience yang kita inginkan untuk melihat streaming video yang kita lakukan dari daftar teman di Facebook sebelum kita live.

Selama proses Live streaming di Facebook kita dapat melihat berapa jumlah viewer yang sedang menonton siaran langsung kita. Nama teman yang sedang menonton juga akan terlihat, termasuk komentar yang diberikan secara live juga akan terlihat.

Ketika kita selesai melakukan live streaming video di Facebook, maka video tersebut akan tersimpan secara otomatis di timeline. Seperti posting video yang sering kita lakukan dan bisa kita delete atau simpan untuk bisa dilihat oleh teman Facebook kita lainnya.

Melalu fitur live streaming video di Facebook ini juga kita bisa menemukan dan melihat live video yang dilakukan oleh teman, artis, dan publik figur lain yang kita jadikan teman. Dan selama kita menonton video streaming tersebut kita juga bisa menekan tombol Subscribe untuk mendapatkan notifikasi ketika orang tersebut melakukan live streaming video lagi berikutnya.

Sebagai informasi, menurut data yang dipublikasikan oleh Facebook, rata-rata pengguna situs jejaring sosial tersebut menonton lebih 3 miliar video setiap harinya. Bisa dibayangkan, melalui fitur ini akan semakin banyak lagi konten video yang tersebar di Facebook.

Tapi yang perlu diperhatikan, untuk saat ini layanan Facebook Live Streaming baru bisa dinikmati oleh pengguna iPhone di Amerika. Namun tak perlu khawatir, rencananya layanan ini akan mulai bisa dinikmati secara global mulai minggu depan dan juga akan tersedia untuk pengguna Android secepatnya.