ArenaLTE.com – Belum lama BlackBerry memang mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi berjualan perangkat BB, dan mulai bertransisi dari berjualan perangkat BB kini akan fokus menjadi perusahaan  yang berbasis jasa dan kemananan software saja. Jadi smartphone merek BlackBerry nantinya bukan lagi sepenuhnya milik BlackBerry karena lisensi smartphone BlackBerry sudah diberikan kepada TCL Communications Technology Holdings Limited (TCL Communication).

Pengumuman perjanjian lisensi jangka panjang tersebut mulai berlaku hari ini, dimana nantinya BlackBerry akan memberi lisensi untuk paket software dan layanan keamanan, dan juga aset-aset merek BlackBerry yang terkait kepada TCL Commmunication, yang akan merancang, memproduksi, menjual dan menyediakan dukungan pelanggan untuk perangkat yang  bermerek BlackBerry.

Kerjasama keduanya diawali dengan proses produksi smartphone Blackberry DTEK50 dan DTEK60 yang berbasis Android. Hingga sekarang, TCL Communication diberikan kepercayaan oleh BlackBerry untuk mengelola semua penjualan dan distribusi dan melayani sebagai distributor global untuk perangkat seluler merek BlackBerry. TCL Communication sendiri termasuk sebagai produsen handset terbesar ke empat di Amerika Serikat dan 10 besar secara global menurut IDC.

BB Merah PutihRalph Pini, Chief Operating Officer dan General Manager Mobility Solutions di BlackBerry dalam keterangan resminya mengungkapkan bahwa setelah berhasil berkerja sama dengan mereka pada seri smartphone BlackBeryy DTEK yang aman dengan hasil desain, pengembangan serta pembuatan hardware yang memuaskan maka TCL Communication menjadi pilihan alami untuk memberi lisensi software dan merek BlackBerry pada skala global.

“Dengan keahlian kami dalam keamanan mobile dan software, serta jangkauan global dan akses konsumen TCL Communication yang luas, kami percaya bahwa produk merek BlackBerry yang dikembangkan dan didistribusikan oleh TCL Communication akan menjawab kebutuhan pengguna BlackBerry dan memperluas ketersediaan produk BlackBerry Secure di seluruh dunia”, ujarnya.

TCL Communication akan menjadi produsen global dan distributor ekslusif untuk semua smartphone yang bermerek BlackBerry dengan pengecualian dari negara-negara berikut: India, Sri Lanka, Nepal, Bangladesh dan Indonesia. Informasi tambahan mengenai rencana produk dan ketersediaan perangkat akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang.