ArenaLTE.comWireless charger kini telah menjadi aksesoris andalan bagi pengguna smartphone. Bahkan tak sedikit alat pengisian daya baterai tanpa kabel ini didapuk sebagai bonus paket penjualan smartphone.

Meski menawarkan segudang kepraktisan, wireless charger masih menyisakan pertanyaan besar, apakah dengan mengandalkan koneksi nirkabel waktu pengisian akan lebih lambat dari menggunakan charger kabel?

Menjawab pertanyaan diatas, LG Innotek, sebuah divisi dalam LG Corp yang mengembangkan komponen teknologi mutakhir, telah menciptakan teknologi wireless charging untuk ponsel yang diklaim secepat pengisian dengan kabel. Modul transmisi 15 watt untuk wireless charger itu dapat mengisi smartphone dari 0 persen menjadi 50 persen dalam 30 menit.

Sebagai perbandingan, butuh waktu berjam-jam bagi banyak ponsel dengan dukungan pengisian nirkabel untuk melakukan hal yang sama. Dikutip dari Ubergizmo.com (1/4/2016), pihak LG mengatakan teknologi baru miliknya ini dapat mengisi ponsel tiga kali lebih cepat daripada kebanyakan wireless charger di pasar yang saat ini menggunakan modul transmisi 5 watt. Modul transmisi itu juga kompatibel dengan standar Wireless Power Consortium and AirFuel Alliance.

Disebutkan bahwa beberapa produk Samsung generasi terbaru, seperti Galaxy S7 dan S7 Edge yang baru mendukung wireless charger hingga 15 wat. Tetapi teknologi pengisian baterai nirkabel cepat milik Samsung hanya memiliki output sekitar 6-7 watt. Selain itu, Apple dikabarkan sedang mengembangkan teknologi pengisian nirkabel berbeda, yang tidak membuat telepon harus ditempatkan pada pad pengisian. Teknologi ini akan memungkinkan perangkat untuk secara wireless mengisi melalui udara. Dengan inovasi-inovasi pengisian wireless baru, kita mungkin akhirnya bisa menyingkirkan kabel.